nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Tiket Pesawat Naik, Tamu Hotel Turun

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 14:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 02 470 2038256 harga-tiket-pesawat-naik-tamu-hotel-turun-cYQqjfgWcv.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Kenaikan harga tiket pesawat, memukul bisnis properti. Seperti hotel dan villa di daerah-daerah wisata di Indonesia mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap.

"Dari beberapa diskusi dengan pemilik hotel. Mereka khawatirkan kenaikan tarif pesawat, terutama di daerah yang harus dijangkau dengan pesawat. Itu kelas akan pengaruhi jumlah tamu yang akan masuk," ujar Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

 Baca Juga: 1,27 Juta Turis Asing Kunjungi Indonesia. Terbanyak dari Malaysia

Lalu, lanjut dia, untuk Villa kondotel di Bali tidak tercatat dengan baik. Jumlah villa mereka tak punya data yang pasti. Agak sulit ukur villa. Kondotel masih perlu waktu untuk melihat.

"Memang belum ada angkanya tapi kecenderungannya ke arah sana (menurun)," tutur dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penurunan jumlah penumpangpesawat pada periode Februari 2019. Penurunannya pun cukup tinggi yakni sekitar 15,64%.

 Baca Juga: Jumlah Penumpang Pesawat Turun 15,64%, BPS: Efek Mahalnya Tiket

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada Februari 2019 lalu jumlah penumpang pesawat sekitar 5,63 juta. Sedangkan angka penumpang Januari berada di kisaran 6,6 juta.

"Angkutan udara turun jumlah penumpangnya, Februari 5,63 juta. Turun jauh dibandingkan Januari 6,6 juta orang," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BPS, Jakarta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini