nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Salurkan KUR Rp84 Triliun untuk Sektor Produktif

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 04 320 2039124 pemerintah-salurkan-kur-rp84-triliun-untuk-sektor-produktif-v2ELhqcFhg.jpeg Diskusi KUR (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini sebesar Rp140 triliun. Dari jumlah tersebut, sebagian besar akan disalurkan menuju sektor produktif.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, dari jumlah tersebut 60% atau sekitar Rp84 triliun nantinya akan disalurkan menuju sektor produktif. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang mana penyaluran KUR menuju sektor produktif hanya 50% saja.

Baca Juga: Kabar Gembira, Pensiunan PNS Bisa Ajukan Kredit Usaha Rakyat

"Tahun ini kita akan lebih banyak salurkan KUR ke sektor produksi. Setelah tahun sebelumnya hanya 50%. Jadi tidak hanya fokus di sektor perdagangan," ujarnya dalam sebuah diskusi di Harris Hotel Ventura, Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Menurut Iskandar, didorong sektor produktif agar uang yang dikeluarkan pemerintah tidak terbuang percuma. Karena menurutnya, sektor produktif jauh lebih menghasilkan dibandingkan sektor lainnya.

"Jangan uang itu berputar di perdagangan saja. Kalau produksi beda, dia menghasilkan barang baru itu alasannya kita buat KUR anggarannya lebih besar untuk sektor produksi," jelas dia.

rupiah

Sebagai informasi, di tahun 2019 pemerintah pusat menganggarkan KUR sebesar Rp140 triliun. Angka ini mengalami peningkatan tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp123 triliun.

Plafon penyaluran KUR 2019 ditargetkan mengalami pertumbuhan sebesar 10%-12%. Dengan bunga pinjaman yang tetap yaitu 7% setiap tahunnya. Sementara hingga Februari lalu, target penyaluran KUR oleh pemerintah masih sangat jauh. Pasalnya hingga Februari 2019, penyaluran KUR baru mencapai Rp23 triliun.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini