nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRI Salurkan KUR Rp20 Triliun dalam 3 Bulan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 320 2039140 bri-salurkan-kur-rp20-triliun-dalam-3-bulan-G7vGX3K5pl.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mencatatkan realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada kuartal I-2019 yakni Rp20 triliun. Ini mencapai 23% dari target KUR BRI di tahun 2019 yakni sebesar Rp87 triliun.

Sementara itu pada tahun lalu, BRI berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp80,18 triliun atau sekitar 99,9% dari target. Jumlah debitur menggunakan fasilitas KUR ini ada sebanyak 3,9 juta dengan kredit macet hanya sekitar 0,29%

Executive VIce President Bisnis Kecil dan Kemitraan BRI Hari Purnomo mengatakan, penyaluran kredit selama kuartal I ini terdiri dari beberapa sektor. Dari mulai jasa, produksi hingga perdagangan.

"Hal ini menunjukkan kalau penyaluran KUR kita sudah berimbang ke semua sektor," ujarnya dalam sebuah diskusi di Hotel Harris Ventura, Jakarta, Kamis (4/4/2019).

 Baca Juga: Pemerintah Salurkan KUR Rp84 Triliun untuk Sektor Produktif

Memang menurut Hari, pihaknya tidak fokus meyalurkan KUR pada satu sektor saja. Karena jika hanya fokus pada beberapa sektor justru akan menimbulkan ketidakseimbangan.

Menurutnya yang terpenting saat ini adalah bagaimana target penyaluran KUR bisa terpenuhi. Selain itu, porsi pemberian pada sektor Produksi juga sesuai yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar 60%.

"Yang penting untuk produksi kita tetap porsinya 60% mencakup kegiatan usaha dari hulu, proses, dan hilir," katanya.

 Baca Juga: Kabar Gembira, Pensiunan PNS Bisa Ajukan Kredit Usaha Rakyat

Hari menambahkan, pihaknya juga telah menyalurkan KUR kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di mana targetnya adalah sebesar Rp14 triliun. Namun hingga akhir Februari, penyaluran KUR untuk TKI baru sekitar Rp28 miliar.

"Salah satu yang kita lakukan untuk capai target penyaluran KUR tahun ini adalah dengan digitalisasi layanan proses kredit berbasis internet untuk kredit mikro, yakni BRISPOT," kata Hari

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini