nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare Dibangun Pakai Skema KPBU

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 13:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 06 320 2039876 proyek-kereta-api-makassar-parepare-dibangun-pakai-skema-kpbu-fMcQ0Ku7zy.jpg Kereta Api (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian akhirnya menggandeng pihak swasta untuk membangun transportasi. Selama ini, pembangunan transportasi selalu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kali Ini, Kemenhub bersama PT Celebes Railway Indonesia (CRI) bakal membangun kereta api di Sulawesi dengan rute Makassar-Parepare sepanjang 15 kilometer dengan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Baca Juga: Kemenhub Target Penyerapan Belanja 2019 di Atas 90%

Dengan skema ini, PT CRI akan membangun kereta api rute tersebut dengan biaya investasi sekitar Rp2,1 triliun yang terdiri atas Rp1 triliun untuk belanja modal dan Rp1,1 triliun untuk biaya pengoperasian dan perawatan prasarana.

Investasi tersebut bakal dikeluarkan oleh CRI dengan imbalan konsesi dari pemerintah selama 15 tahun. Menhub Budi Karya mengatakan, kerja sama dengan model KPBU ini merupakan pertama kali dan diharapkan bisa memaksimalkan dana APBN untuk membangun prasarana transportasi lainnya, seperti Bandara di pelosok daerah.

kereta api

”Kita juga memastikan proyek itu (skema KPBU) ini reliable . Tidak ada lagi proyek mangkrak. Bisa dipastikan ini proyek terukur. Bisa dipastikan usaha ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap dia.

Direktorat Perkeretaapian menggandeng PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (PT PII) untuk menjamin sebagian dana pengembalian investasi dari pemerintah kepada pihak swasta tersebut. Sebagai informasi, nantinya PT CRI akan membangun prasarana KA (jalur dan fasilitas operasi) menuju kawasan industri Pabrik Semen Bosowa sepanjang 6,63 km dan kawasan industri Pabrik Semen Tonasa sepanjang 8,85 km.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, saat ini Pemerintah masih terus bekerja menyelesaikan pembangunan Jalur KA Makassar- Parepare pada segmen Barru- Palanro sepanjang 44 km dan diharapkan pada 2019 ini sudah selesai dan beroperasi.

(Ichsan Amin)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini