nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Urban Propertindo Siapkan Belanja Modal Rp800 Miliar

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 11:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 06 470 2039837 urban-propertindo-siapkan-belanja-modal-rp800-miliar-yShDCB8YUy.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN) menganggarkan dana belanja modal mencapai Rp800 miliar tahun ini.

Dana tersebut sebagian besar untuk pembangunan proyek-proyek existing dan untuk uang muka pembelian area komersial seluas sekitar 36.000 meter persegi dengan nilai Rp600 miliar. Area komersial itu diharapkan akan menjadi proyek tahun jamak dan menjadi potensi recurring income setelah selesai dibangun pada 2022-2023.

Direktur Urban Jakarta Propertindo, Tri Rachman Batara mengatakan, perseroan akan mendorong langkah strategis demi pertumbuhan berkelanjutan. Fokusnya adalah bangunan konsep transit oriented development (TOD). Pihaknya akan terus melakukan riset, pengembangan, serta inovasi untuk menghadirkan produk yang tepat sasaran.

Baca Juga: Pendapatan Urban Jakarta Capai Rp332 Miliar

”Kami optimistis dapat berkembang, terutama dengan sektor infrastruktur yang terus memperlihatkan kemajuan. Sistem transportasi light rail transit (LRT) ditargetkan segera rampung dan dapat mulai beroperasi, serta mass rapid transportation (MRT) juga sudah mulai beroperasi komersial,” ujar Batara dalam jumpa pers di Jakarta kemarin.

Urban Jakarta memiliki empat proyek berkonsep TOD yang terintegrasi dengan stasiun- stasiun LRT. Di antaranya Gateway Park di Bekasi dan Urban Signature di Ciracas, Jakarta Timur, yang merupakan hasil kerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Commuter Properti (ACP).

”Sedangkan dua lainnya yaitu Urban Sky dan Urban Suites, keduanya di Bekasi, merupakan milik dan dikembangkan sendiri oleh Urban Jakarta,” katanya. Selain itu, lanjut dia, perseroan juga sepakat akan melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

grafik

Penambahan modal itu akan digunakan untuk pengembangan usaha perseroan. Aksi korporasi ini telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) dan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada hari ini, Jumat (5/4) di Jakarta.

Menurut Batara, RUPSLB menyetujui PMTHMETD dengan nilai maksimal 10% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan. ”Sebagian dari PMTHMETD yang disetujui tersebut, yaitu senilai Rp66 miliar sudah langsung ditempatkan sesuai perjanjian dengan pihak Ibukota Development Ltd, sedangkan sisanya masih dalam proses dan belum dapat disebutkan investornya,” katanya.

RUPSLB tersebut juga menyetujui pengunduran diri Jason Chen yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan Urban Jakarta dan perubahan anggaran dasar perseroan. Terkait pengunduran diri ini, untuk sementara semua tugas dan tanggung jawab Jason Chen telah disepakati dirangkap oleh Presiden Direktur Urban Jakarta Paulus Nurwadono.

(Hafid Fuad)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini