nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

David Malpass Jadi Bos Bank Dunia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 15:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 07 20 2040209 david-malpass-jadi-bos-bank-dunia-y26ujHt044.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Dewan Eksekutif Bank Dunia (World Bank) dengan suara bulat menunjuk David R. Malpass sebagai Presiden Grup Bank Dunia yang baru. Malpass akan memimpin institusi keuangan global itu untuk masa jabatan 5 tahun ke depan.

Malpass merupakan kandidat yang diusung Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakil Menteri untuk Urusan Internasional di Departemen Keuangan AS.

Keputusan Bank Dunia yang ditetapkan pada Jumat (5/4/2019) tersebut, juga memutuskan Malpass akan mulai menjalankan tugas barunya pada Selasa, 9 April 2019, ketika pelaksanaan Pertemuan Musim Semi Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Baca Juga: Donald Trump Pilih David Malpass Jadi Kandidat Presiden Bank Dunia

Melansir Reuters, Minggu (7/4/2019), Malpass merupakan kandidat tunggal dalam bursa pemilihan Presiden Bank Dunia, usai Jim Yong Kim yang tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada awal Januari dan efektif 1 Februari 2019. Berbeda dengan Kim, yang harus menghadapi dua pesaing dari Nigeria dan Kolombia ketika dia terpilih pada 2012 lalu.

Dewan Bank Dunia menyatakan, hanya ada sedikit minat dari negara maju untuk mengajukan kandidat, seperti Eropa, Jepang, maupun dari negara dengan pasar berkembang seperti Cina dan Brasil.

Baca Juga: Trump: David Malpass Orang yang Tepat Jadi Bos Bank Dunia

Malpass menyatakan, dia akan menjunjung tinggi komitmen bank untuk mengurangi kemiskinan di negara-negara termiskin. Selain itu dia juga berkomitmen untuk memerangi perubahan iklim, serta mengejar target peningkatan modal senilai USD13 miliar yang ditetapkan tahun lalu.

Malpass juga menekankan, perlunya memerangi kemiskinan ekstrem dan mendorong pertumbuhan untuk setiap peminjam, juga membangun ekonomi global yang lebih kuat dan stabil untuk semua pihak.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini