nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Double-Double Track Manggarai Bikin Waktu Perjalanan KRL Lebih Cepat 20 Menit

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 08 April 2019 21:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 08 320 2040772 double-double-track-manggarai-bikin-waktu-perjalanan-krl-lebih-cepat-20-menit-fnG5WvyBsj.jpg Commuter Line (Foto: Vericka Puspita)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai waktu perjalanan kereta rel listrik (KRL) atau commuter line akan lebih cepat 10-20 menit apabila jalur dwiganda (double-double track/DDT) Manggarai-Cikarang sepanjang 35 kilometer (Km) rampung.

Deputy 1 Executive Vice President Daop 2 Jakarta Sofyan Hasan mengatakan, kecepatan perjalanan KRL dan kereta api yang melintas di double-double track bisa dipercepat dari 65 kilometer per jam menjadi 70 kilometer per jam.

Baca Juga: Proyek Double-Double Track Manggarai-Cikarang Rampung 2020

"Jadi, bisa menghemat waktu 10-20 menit untuk semua kereta. Apabila DDT Manggarai ke Cikarang itu beroperasi dan ditargetkan rampung pada 2021" ujarnya di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Jakarta-Banten Direktorat Perkeretaapian Kemenhub Jumardi menyatakan tepat pukul 00.30 WIB pada 12 April 2019 pada titik KM 12 dan KM 21 antara Jatinegara dan Cakung akan dilaksanakan kegiatan pemindahan jalur (switchover) pada jalur dwiganda (DDT) segmen Jatinegara - Cakung lintas Manggarai - Cikarang.

Baca Juga: Mulai 12 April, Jalur Dwiganda Jatinegara-Cakung Beroperasi

"Rencana pengalihan jalur dwiganda segmen Jatinegara - Cakung ini, akan membawa dampak pada bertambahnya waktu perjalanan kereta api," tutur dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya berharap dengan beroperasinya DDT segmen Jatinegara - Cakung dan lima stasiun modernisasi akan mendukung terwujudnya target penumpang kereta api di wilayah Jabodetabek atau pengguna jasa KRL Commuterline

"Menjadi 1,2 juta orang perhari di tahun ini," kata dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini