nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi Global, Apindo: Indonesia Punya Ketahanan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 10 20 2041689 imf-pangkas-proyeksi-ekonomi-global-apindo-indonesia-punya-ketahanan-0qzQR54U50.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Asosiasi Penguasaha Indonesia (Apindo) menilai Indonesia akan mampu bertahan dari kondisi perlambatan ekonomi global. Seperti diketahui, Dana Moneter Internasional (IMF) baru saja mengkoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi global di 2019 menjadi 3,3% dari sebelumnya 3,6% pada laporan Januari.

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan, pelemahan ekonomi global tentu akan berdampak pada Indonesia. Hal ini menjadi tantangan yang perlu dihadapi Indonesia pada tahun ini.

"Tantangan yang harus kita perhatikan memang bagaimana pelemahan ekonomi global bisa berdampak ke Indonesia. Tapi saya pikir kita memiliki ketahanan nasional," kata Shinta ditemui di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

 Baca Juga: IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 3,3%

Kendati demikian, Indonesia dinilai memiliki ketahanan ekonomi yang membuat bertahan dari kondisi pelemahan global. Menurutnya, hal itu terlihat dari fundamental ekonomi Indonesia yang terus menunjukkan perbaikan di tengah gejolak ekonomi global.

"Indonesia sebenarnya sangat resilient (ketahanannya tinggi). Jadi menurut saya, walaupun dengan pemotongan ini, kita ini sudah resilient menghadapi itu," imbuhnya.

Shinta pun menegaskan, Indonesia siap mengahadapi tantangan kedepan termasuk soal pelemahan ekonomi global. "Tentu akan ada pengaruh, tapi kita sudah siap. Dan kita bisa resilient menghadapi itu," katanya.

Sekadar diketahui, dalam laporan IMF dikatakan ekonomi dunia menghadapi risiko-risiko penurunan yang disebabkan oleh ketidakpastian dalam ketegangan perdagangan global yang sedang berlangsung, serta faktor-faktor spesifik negara dan sektor lainnya.

 Baca Juga: Fakta Laporan IMF: Ekonomi Dunia Melemah, tapi Indonesia Tetap Menguat

Proyeksi laju pertumbuhan negara-negara maju mencapai 1,8% untuk 2019 dan 1,7% untuk 2020, keduanya di bawah tingkat 2%-plus yang tercatat dalam dua tahun sebelumnya.

Sedangkan negara-negara emerging market dan negara-negara berkembang, IMF memperkirakan tingkat pertumbuhan turun menjadi 4,4% untuk 2019, atau 0,1% lebih rendah dari pada 2018. dan bahwa ekspansi akan pulih ke tingkat 4,8% pada 2020.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini