nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Double-Double Track Jatinegara-Cakung Beroperasi Hari Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 11:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 320 2042418 double-double-track-jatinegara-cakung-beroperasi-hari-ini-XUmdCNXAj8.jpg Kereta Api (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jalur dwiganda atau double-double track (DDT) kereta api segmen Jatinegara-Cakung mulai digunakan pada hari ini. Segmen ini memiliki panjang 9,5 kilometer dari panjang lintas DDT Manggarai - Cikarang yakni 35 km.

Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Jumardi mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa pemindahan jalur (switch over) mulai dini hari tadi. Beberapa pemindahan jalur sudah dilakukan pada titik km 12 dan 21.

"Jalur DDT sudah selesai untuk Jatinegara-Cakung, sehingga yang kita operasikan tadi malam itu kira-kira panjangnya 9,5 km," ujarnya saat ditemui di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga: KAI Gratiskan Kereta Api Lokal, Cek Tanggal dan Rutenya

Dengan beroperasinya DDT ini, diharapkan kepadatan bisa terurai. Sebab nantinya, akan terpisah antara kereta api jarak jauh dan menengah dengan kereta rel listrik (KRL).

"Rencana kita 2021 selesai semua bersamaan dengan Stasiun Central Manggarai," ungkapnya.

Sementara itu, Humas PT KCI Anne Sylvanie Purba mengatakan dengan adanya jalur ganda ini hedatime KRL bisa lebih cepat lagi dari sebelumnya. Sebelumnya rata-rata headway berada di kisaran 10-15 menit, sedangkan nantinya dengan adanya jalur ganda headtime diprediksi berada di bawah 10 menit.

kereta api

"Untuk KRL jalur DDT yang baru 9,5 km ini kami berharap bisa mengurai antrean rangkaian kereta yang selama ini menuju Manggarai," ucapnya.

Sebagai informasi, pembangunan jalur rel DDT sendiri telah dimulai sejak tahun 2015, meskipun perencanaannya sejak 2002. Dari proyek keseluruhan yang menghubungkan Manggarai hingga Bekasi, jalur rel DDT yang baru dioperasikan hanya segmen Jatinegara-Cakung, segmen tersebut baru saja mulai dioperasikan pagi tadi mulai pukul 00.30 WIB

Jalur Jatinegara-Cakung ini tercatat merupakan bagian dari ruas jalur Jakarta Kota-Bekasi. Total rangkaian KRL saat ini ada 163 perjalanan dengan jumlah penumpang 162 ribu per hari. Jumlah itu mengakomodasi 17,4% dari total penumpang yakni 930 ribu-1,1 juta penumpang per harinya

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini