nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemanfaatan Data Kependudukan, MNC Bank Kerja Sama dengan Ditjen Dukcapil

Jum'at 12 April 2019 21:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 320 2042824 pemanfaatan-data-kependudukan-mnc-bank-kerja-sama-dengan-ditjen-dukcapil-0zHgPG0f9e.jpg MNC Bank (Foto: MNC Bank)

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pemanfaatan data kependudukan milik Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan, kerja sama tersebut menjadi modal untuk menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan inovatif dalam menyambut perkembangan perbankan digital serta industri 4.0.

"Dengan kerja sama ini, bank dapat meningkatkan kualitas KYC (know your customer) di sisi bank, serta memberikan pelayanan yang lebih aman, cepat dan nyaman bagi nasabah," ujarnya di Plaza UOB, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

 Baca Juga: Validasi Data Nasabah, MNC Bank Kerjasama dengan Ditjen Dukcapil

Dengan menggunakan Dukcapil direct acces sebagai landasan membangun jaringan infrastruktur digital, MNC Bank dapat lebih akurat dan cepat dalam proses verifikasi data nasabah. Hal tersebut mendukung pengembangan produk dan layanan di mana ke depannya, nasabah dapat melakukan registrasi secara online dan langsung terverifikasi dengan data dari Dukcapil.

Dia melanjutkan, kerja sama ini dapat berperan dalam membantu peningkatan kualitas layanan serta kinerja bank. Pada 2018, MNC Bank berhasil meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan di mana selama 2018 telah membukukan laba bersih sebesar Rp57,02 miliar.

Kinerja positif dapat dilihat juga pada beberapa parameter lain seperti net interest margin pada Desember 2018 4,1% meningkat dari Desember 2017 yang sebesar 3,04%.

 Baca Juga: MNC Bank Teken MoU Pemanfaatan Data Kependudukan & KTP Elektronik

Selain itu, MNC Bank juga berhasil melakukan efesiensi operasional tercermin dari Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional Desember 2018 sebesar 93,51% turun signifikan dari Desember 2017 yang sebesar 180,62%.

"Dengan terjalinnya kerjasama langsung ke Dukcapil ini, kami dapat lebih efisien dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta mempersingkat waktu akuisisi nasabah. Besar harapan kami hal tersebut dapat membantu kami dalam menjaga dan meningkatkan kinerja Perusahaan di tahun 2019," tuturnya.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Presiden Direktur MNC Bank, Mahdan. Tak hanya MNC Bank, penandatanganan ini juga dilakukan serentak dengan 23 Lembaga Jasa Keuangan lainnya. (iNews.id)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini