nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Tol, Jokowi: Manado-Bitung Hanya Setengah Jam Saja

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 14 320 2043418 ada-tol-jokowi-manado-bitung-hanya-setengah-jam-saja-Et4qwgATQS.jpg Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Jasa Marga)

JAKARTA – PT Jasa Marga Manado Bitung, tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer (Km). Jalan tol ini akan melewati daerah Sukur, Air Madidi, sampai Bitung, dan dilengkapi lima simpang susun.

Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari saat ini sekitar 90-120 menit menjadi sekitar 30 menit.

“Nantinya, kehadiran Jalan Tol Manado-Bitung memangkas waktu tempuh antara dua kota pelabuhan ini menjadi setengah jam saja,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari instagramnya, Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Baca Juga: Jajal Tol Manado-Bitung, Jokowi: Sudah 80% Selesai

Jalan Tol dengan nilai investasi Rp5,12 Triliun tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelancaran akses Pelabuhan Internasional Bitung sebagai salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.

Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Lewat pembangunan ini pemerintah berharap mampu mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung sebagai pelabuhan ekspor di Provinsi Sulut. Keberadaan Tol juga akan menujung pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca Juga: Konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung Seksi IIA Capai 80,2%

Jalan Tol Manado-Bitung memiliki dua seksi. Seksi 1 dari Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Dari 14 km tersebut, Seksi 1B sepanjang 7 Km ditargetkan rampung lebih dulu pada April 2019, sementara Seksi 1A ditargetkan selesai pada Juli 2019. Biaya konstruksi porsi Pemerintah sebesar Rp3 triliun yang merupakan dukungan Pemerintah untuk meningkatkan tingkat kelayakan investasj jalan tol.

Sementara untuk Seksi 2 dari Air Madidi-Bitung sepanjang 25 Km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung dengan progres per Januari 2019 sebesar 32 %. Jalan tol ini memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini