nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Beli Airbus A400 untuk Angkut BBM ke Papua

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 April 2019 14:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 320 2046459 pertamina-beli-airbus-a400-untuk-angkut-bbm-ke-papua-dgrJ0oFYnb.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahan Pelita Air Service (PAS) berencana membeli pesawat Airbus A400. Tujuan pembelian pesawat tersebut adalah untuk menjalankan bisnis kargonya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo mengatakan, dengan pembelian pesawat ini diharapkan penyaluran BBM satu harga di Papua bisa lancar. Pertamina sendiri hingga saat ini memang masih bertugas untuk menyalurkan BBM ke wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.

"Karena Pertamina juga masih punya tugas untuk BBM satu harga di Papua, sehingga ke depan Pertamina juga akan beli Airbus A400," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/4/2019).

 Baca Juga: Anak Usaha Pertamina Masuk Holding BUMN Penerbangan

Menurut Gatot, selama ini untuk wilayah-wilayah terpencil memang kesulitan dalam hal mendistribusikan barang. Meskipun memang Pertamina sudah bekerjasama dengan PT Pelni (Persero).

Namun hal tersebut masih belum cukup untuk mengkomodir seluruhnya. Karena jika mengirim dengan jumlah yang cukup besar, tidak akan tertampung di kapal milik Pelni.

"Kargo kan selama ini kargo ke Papua dan wilayah 3T itu kan kita kesulitan untuk membawannya. Sekarang sudah sinergi dengan Pelni dan sebagainya. Nanti ke depan yang besar-besar bisa pakai kargo," katanya.

Gatot menambahkan, dengan adanya pesawat Airbus A400 ini juga diharapakan aksi tanggap bencana bisa lebih cepat. Karena ini seluruh alat berat bisa ditampung dan diangkut menuju lokasi bencana dengan menggunakan pesawat.

 Baca Juga: Pertamina Bakal Beli Airbus A400 untuk Pelita Air

Hal tersebut sudah terbukti pada saat bencana yang terjadi di Palu. Ketika itu, Indonesia meminjam terlebih dahulu pesawat Airbus A400 dari Hong Kong untuk mengangkut alat berat milik Pelita Air Service.

"Jadi mengapa rescue di Palu cepet seminggu karena gunakan Airbus A400 dan besarnya 1,5 kali dari pesawat hercules," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini