nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membeli Rumah Seken dengan KPR BTN

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 16:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 23 470 2047036 membeli-rumah-seken-dengan-kpr-btn-OXIhiywKlw.jpeg Foto: Pexels.com

MEMBELI rumah seken atau rumah bekas bisa dicicil menggunakan KPR BTN. Sebab tidak hanya untuk rumah baru, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Platinum pun dapat dimanfaatkan untuk pembelian rumah second.

Sayangnya, memang belum banyak masyarakat yang tahu bahwa ada angsuran atau KPR untuk rumah bekas. Seperti diutarakan Agung Wiranto dalam Tanya Properti di Rumah.com.

Mengutip laman resmi Bank BTN, beberapa syarat yang harus dipenuhi saat akan mengajukan KPR rumah seken BTN adalah:

  • WNI dengan usia min 21 tahun atau telah menikah, memiliki status karyawan tetap/wiraswasta/professional
  • Lama bekerja karyawan min 1 tahun, lama usaha/profesi min 1 tahun
  • Usia Pemohon tidak melebihi 65 tahun
  • Pemohon wajib menutup asuransi (jiwa dan kebakaran) dengan syarat Banker Clause
  • Bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan)
  • Pembayaran angsuran secara auto debet dari rekening Pemohon yang bersangkutan di Bank BTN
  • Selain itu, lengkapi sejumlah dokumen berikut agar pengajuan KPR rumah bekas bisa disetujui dengan cepat.

Selain itu, lengkapi sejumlah dokumen berikut agar pengajuan KPR rumah bekas bisa disetujui dengan cepat.

 rumah

adv

Bagaimana Proses Pengajukan KPR Rumah Seken?

Secara garis besar, prosedur pengajuan tidak jauh berbeda dengan saat mengajukan KPR untuk rumah baru. Berikut ini tahap-tahapnya!

  • Ajukan permohonan Kredit KPR BTN Platinum ke Kantor Cabang Bank BTN terdekat
  • Isi formulir aplikasi permohonan dengan benar dan lengkap
  • Lengkapi seluruh berkas permohonan Kredit KPR BTN Platinum dan serahkan kepada Petugas Loan Service yang ada pada Kantor Cabang
  • Apabila telah mendapatkan persetujuan kredit, segera persiapkan biaya pra realisasi kredit pada rekening tabungan pemohon
  • Penandatanganan perjanjian kredit dan akta jual beli

Ketika membeli rumah bekas, prinsip kehati-hatian sangat perlu digunakan. Di sisi fisik, kondisi rumah tergantung material bangunan yang dipakai dan perawatan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Di sisi lain, lokasi, harga, dan legalitas juga perlu diketahui.

Selain jeli mencari rumah yang berkualitas, Anda juga harus pintar mencari waktu dan peluang yang tepat untuk mendapatkan rumah yang tepat.

Simulasikan cicilan KPR rumah bekas Anda perbulannya lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com!

Sebelum membeli rumah seken KPR BTN, sangat penting untuk membuat ilustrasi rumah yang bisa memenuhi kriteria Anda dan keluarga. Mulai dari hadap bangunan, denah ruangan, sampai dengan luas pekarangan.

Selain itu, kriteria rumah impian juga bisa dilihat dari lokasinya. Misalnya dekat dari akses transportasi, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Dari poin-poin tadi maka Anda bisa mulai memilih rumah seken yang mendekati kriteria tersebut.

Ada dua tahap yang bisa membantu Anda mencari rumah seken. Pertama, meminta bantuan profesional dari agen properti yang pilihan bisa ditemukan di Rumah.com. Peran seorang agen dalam pencarian rumah ini tidak hanya akan membantu menemukan rumah di lokasi idaman melainkan turut membantu proses jual-beli termasuk negosiasi.

Jangan lupa mencari rumah yang mendekati kriteria, mulai dari banderol harga sampai dengan lokasi. Setelah mengumpulkan beberapa pilihan, mulailah lakukan survei rumah dengan menghubungi nomor telepon yang tertera.

Sebagai tips, carilah lokasi rumah yang dekat dari tempat aktivitas keseharian Anda dan keluarga. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya dan waktu transportasi.

Selain itu, menggunakan jasa agen properti juga bisa memberi banyak manfaat seperti mulai dari nilai investasi sampai dengan saran renovasi yang bermanfaat untuk properti Anda.

Selanjutnya jika sudah melakukan beberapa kali survei pada rumah KPR bekas yang berbeda, kini saatnya ‘mengeliminasi’ rumah yang tidak sesuai dengan harapan rumah ideal versi Anda. Tentukan properti yang paling memenuhi kebutuhan Anda dan tidak memerlukan biaya besar untuk renovasi.

(Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai properti yang akan dibeli, baca selengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

(ris)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini