nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antam Tertarik Beli 20% Saham Vale Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 278 2047481 antam-tertarik-beli-20-saham-vale-indonesia-OtjDA38nwK.jpg Foto: RUPS Antam (Okezone)

JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengaku tertarik untuk melakukan divestasi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, bagi perusahaan yang bergerak di dunia pertambangan, tentu sesuatu yang menarik untuk mengambil alih 20% saham Vale Indonesia. Apalagi berkaitan dengan penambahan cadangan dari perseroan.

"Semua yang berkaitan dengan misi pertambangan untuk menambah dan menguasai candangan pasti sesuatu yang kaya Vale interest," ujarnya dalam acara konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga: Antam Rombak Direksi dan Komisaris, Dirjen Minerba Didepak

Meskipun begitu, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah dan juga holding. Jika nantinya mengarahkan untuk holding mengambil alih 20% saham PT Vale Indonesia dan holding menunjuk Antam, maka pihaknya siap melaksanakan hal tersebut.

"Cuma Antam siap saja kalau dapat amanah dari holding pemerintah untuk melakukan akuisisi dari divestasi Vale," jelasnya.

Baca Juga: Antam Tebar Dividen Rp306,05 Miliar

Memang belakangan ada dua perusahaan dalam holding BUMN pertambangan yang santer diberitakan untuk mengambil alih 20% saham Vale Indonesia. Kedua perusahaan tersebut, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Antam Tbk.

"Tapi kan kita harus lihat dulu Vale ini ke mana penugasannya. Apakah ke Antam atau Inalum kita belum tahu," ucapnya.

Ditanyai mengenai proses menuju ambil alih saham tersebut, Arie menyebut saat ini masih dalam tahap penjajakan. Pihaknya juga masih mengkaji dan juga melakukan perhitungan valuasi terlebih dahulu.

"Kita harus valuasi juga. Ketiga juga kan yang dijual cuma 20%," ucapnya.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini