nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2040, RI Bisa Meluncurkan Roket Satelit Sendiri dan Bangun Bandara Antariksa

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 11:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 27 320 2048716 2040-ri-bisa-meluncurkan-roket-satelit-sendiri-dan-bangun-bandara-antariksa-SuZVw5IVtX.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menghadiri kegiatan Sarasehan bertemakan Planetarium Jakarta, Dulu, Kini dan Nanti di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Dirinya masih ingat pernyataan dari Presiden pertama Indonesia Soekarno yang berkata bahwa negara maju itu harus bisa mengusai antariksa dan nuklir. Maka itu dibentuklah Lapan dan Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan).

"Kita ingin masyarakat Indonesia harus tahu tentang kesadaran antariksa. Dan diperkirakan tahun 2040 kita bisa meluncurkan roket satelit sendiri," ujarnya, Sabtu (27/4/2019).

Baca Juga: Satelit Merah Putih Berhasil Diluncurkan

Sebelumnya, Lapan berencana untuk membangun sebuah stasiun satelit di Indonesia. Rencana Lapan tersebut sesuai dengan UU No. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan

Saat ini Lapan baru memiliki dua usulan lokasi pendirian stasiun peluncuran satelit. Lokasi tersebut adalah Pulau Biak, Papua dan Pulau Morotai, Maluku Utara.

Sementara itu, pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan bandara antariksa. Karena Lapan mencita-citakan melihat antariksa dan mengekspolrasi antariksa.

"Saya ingin mengajak semua masyarakat, agar bisa dibangunnya bandara antariksa terbesar," tutur dia.

 Baca Juga: Numpang Roket SpaceX, Satelit Buatan Indonesia Segera Meluncur

Dia menjelaskan bahwa Planetarium dan Observatorium Jakarta ini untuk edukasi masyarakat karena menampilkan seluruh planet dan galaksi.

"Jadi, peran Planetarium Jakarta ini sangat untuk edukasi publik dan untuk memahami astronomi publik menguasai Iptek dengan mimpi yang tinggi," ungkap dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini