Pembuat Peci Sufi Ini Kebanjiran Pesanan ke Turki hingga India

Fathnur Rohman, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 07 320 2052730 pembuat-peci-sufi-ini-kebanjiran-pesanan-ke-turki-hingga-india-mw2pQ3Dq93.jpg foto: Okezone

CIREBON - Berkah di awal bulan suci Ramadan, nampaknya dirasakan betul oleh Sahron atau yang akrab disapa Mbah Bolong. Pasalnya, perajin peci sufi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini kebanjiran pesanan, baik dari Cirebon ataupun dari luar daerahnya.

Mbah Bolong menceritakan, bahwa saat ini sedang disibukan dengan pembuatan peci sufi berbagai jenis. Jika hari-hari biasa, bisa membuat 5 hingga 8 peci per hari. Khusus untuk bulan Ramadan ini, membuat 10 hingga 12 peci per hari.

"Saya kalau kerja itu malam. Saya dibantu dua orang pegawai dan sehari bisa mencapai selusin,” ungkap Mbah Bolong, saat ditemui Okezone, Rabu (8/5/2019).

Baca Juga: Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Sukses Berdagang di Usia 25 Tahun

Mbah Bolong mengaku, pesanan yang diterima biasanya datang dari daerah Jakarta dan kota-kota luar Cirebon, seperti Sulawesi, Kalimantan, Aceh, Lampung, Papua, bahkan sampai ke luar negeri seperti Malaysia. Biasanya mereka yang memesan adalah pedagang atau pemakai langsung, sepeti para sufi dan para santri di pondok pesantren.

Lebih lanjut, Mbah Bolong menceritakan, dalam pembuatan peci sufi, biasanya menggunakan bahan beludru atau katun. Kemudian, kedua orang yang membantunya akan membuat peci sufi menggunakan mesin jahit.

Baca Juga: Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Nasib Pedagang vs Pengangguran

Dia mengungkapkan, hanya mau menerima pesanan dua sampai lima kodi saja. Mengingat, keterbatasan tenaga pun akhirnya menolak pesanan yang datang hingga puluhan kodi.

"Pernah ada yang mesen dari Turki sampai India. Tapi karena kendala bahasa, jadi saya cancel, " tambahnya.

Mbah Bolong sendiri biasanya memberi harga bervariasi untuntuk setiap peci sufinya. Biasanya ia akan mematok harga kisaran Rp50 ribu sampai Rp150 ribu, tergantung tinggi dan diameternya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini