LRT Velodrom-Kelapa Gading Beroperasi Setelah Lebaran

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 09 320 2053397 lrt-velodrom-kelapa-gading-beroperasi-setelah-lebaran-c8HKkuBQmZ.jpg LRT Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTALight Rail Transit (LRT) Velodrom-Kelapa Gading beroperasi setelah Lebaran 2019. Secara teknis, pembangunan LRT sudah mencapai 100%, mulai penanda terhubungnya jalur utama (mainline), kereta, hingga stasiun sudah siap digunakan.

Untuk operasional komersial, PT LRT Jakarta masih menunggu arahan dari Pemprov DKI Jakarta. “LRT telah mengantongi izin operasi dari Kementerian Perhubungan. Kami selaku operator sudah mengirimkan surat kesiapan operasi pada 2 April lalu kepada Gubernur DKI Anies Baswedan,” ujar Manajer Humas PT LRT Jakarta Melissa kemarin. Sambil menunggu arahan dari Gubernur untuk operasionalnya, PT LRT mengisi waktu dengan menyempurnakan sistem pembayaran termasuk pemilihan konsep yang pas untuk seremonial peresmian LRT.

Baca Juga: Lewat Video, Presiden Jokowi Promosi LRT Palembang

Tarif yang akan diberlakukan sudah diputuskan bersamaan dengan tarif mass rapid transit (MRT) beberapa waktu lalu yakni Rp5.000. “Tarifnya Rp5.000 flat , bukan distance base tapi per trip saja. Satu kali trip Rp5.000,” katanya. Direktur Proyek LRT dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan, Gubernur Anies menginginkan operasional resmi LRT harus siap semuanya dan terintegrasi dengan bus Transjakarta hingga Dukuh Atas. Operasional LRT hanya tinggal menunggu penyempurnaan integrasi di Stasiun Velodrom dengan Halte Transjakarta Rawamangun yang dibangun melalui jembatan penghubung (skybridge).

Melihat Uji Coba LRT Velodrome-Kelapa Gading 

“Akhir Mei ini pembangunan skybridge selesai. Sehabis Lebaran sudah beroperasi resmi,” ujarnya. Menurut dia, pembangunan LRT bakal dilanjutkan. Saat ini pihaknya tengah merampungkan studi kajian dan kelayakannya. Untuk kajian studi dari Rawamangun akan diteruskan ke Manggarai dan dari Depo Kelapa Gading diteruskan ke Jakarta International Stadium di kawasan Sarana Rekreasi Olah raga, Tanjung Priok, Jakarta Utara. “LRT harus diteruskan supaya dapat melayani mobilitas masyarakat dalam menggunakan angkutan umum,” ucap Iwan.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike menyarankan Pemprov DKI melanjutkan LRT fase II. Apabila operasional LRT hanya Velodrom-Kelapa Gading sejauh 5,8 kilometer, LRT hanyalah menjadi hiasan saja meskipun terintegrasi dengan Transjakarta. Lantaran jalur yang pendek dan belum terintegrasi, masyarakat diperkirakan akan memilih menggunakan transportasi lain apabila ingin ke Dukuh Atas melalui Stasiun Rawamangun di mana moda transportasi tersebut bisa menjemput langsung dari depan rumahnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan salah satu tantangan di Jakarta hari ini adalah bagaimana membuat sebuah sistem transportasi umum massal yang terintegrasi sehingga antar -moda transportasi menjadi sebuah kesatuan. Konsekuensinya bagi warga bisa berangkat dari mana saja, bisa transfer dengan mudah untuk tujuan ke mana saja. “Hari ini kita semua menuju proses itu. Kata kuncinya, integrasi,” ujarnya beberapa waktu lalu. Integrasi harus dimulai sejak perencanaan karena di dalam perencanaan tidak dimasukkan kata integrasi, sehingga masing-masing operator moda transportasi memikirkan bagiannya sendiri.

Melihat Uji Coba LRT Velodrome-Kelapa Gading

Akibatnya seperti tidak terintegrasinya Stasiun ASEAN dengan halte Trans jakarta koridor XIII. Lantaran fase perancangan belum disiapkan, desain integrasi koridor XIII dengan stasiun MRT disayembarakan. Dia berharap rancangan yang di bangun di Jakarta bukan hanya membangun infrastruktur, melainkan juga harus ada infrastruktur dengan pesan apa di balik itu.

“Membangun trotoar. Apa pesan di baliknya? Soal interaksi warga. Kami membayangkan perjalanan menjadi pengalaman. Jadi, per jalanan itu jangan hanya sebuah rutinitas, tapi harus menjadi pengalaman yang setiap waktu orang melewati saat itu dia mendapatkan pengalaman yang unik,” ungkap Anies.

(Bima Setiyadi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini