nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Berburu Pekerjaan di Job Fair

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 18:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 11 320 2054376 tips-berburu-pekerjaan-di-job-fair-WDsas9N1XC.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Saat Anda mengunjungi pameran lowongan pekerjaan, persiapkan diri untuk mencari informasi sebaik mungkin kepada perusahaan yang dituju.

“Posisikan perekrut seperti teman Anda, yakni dengan mengajaknya berbicara secara rileks dan santai,” sebut Victoria Morell, pelatih karier Muse dan Associate Director di Miami University Farmer School of Business Career.

Ingatlah jika tujuan Anda datang ke career fair adalah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk memutuskan apakah suatu perusahaan atau peran cocok untuk Anda.

Sementara juga meninggalkan kesan yang baik yang dapat membantu Anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan itu. Berdasarkan informasi dari The Muse, berikut tips agar Anda sukses saat melamar pekerjaan di career fair:

Mencari Informasi Tentang Job Desk Tertentu

Kebanyakan orang hanya sedikit menginfokan tentang latar belakang mereka, dan kemudian bertanya tentang lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Apakah ini tepat? Menurut pelatih karier Muse Chelsea Williams, yang menghadiri puluhan pameran karier untuk mencari bakat, menjawab tidak.

 Baca Juga: 4 Profesi yang Dapat Keringanan Puasa Ramadan, Siapa Saja?

Dia mengatakan ini menandakan Anda sebagai pencari kerja tidak meluangkan waktu untuk melakukan riset apa pun dan Anda tidak serius dengan perusahaan mereka. Solusinya, Anda dapat langsung tampil dengan mengambil pendekatan yang berbeda.

Luangkan waktu sebelum acara untuk melihat-lihat daftar perusahaan yang ada. Dan bisa langsung mengirimkan aplikasi secara online . Dengan begitu, Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk menggali lebih dalam tentang apa pun yang tidak jelas dalam uraian tugas dan untuk mengumpulkan informasi di luar apa yang tersedia secara online . Hal tersebut dapat membantu Anda terus mengevaluasi, apakah itu benar-benar pas dan berguna nanti jika Anda bergerak maju dalam proses wawancara.

 

Tanyakan Tentang Proses Perekrutan

Saat wawancara dengan perekrut, manfaatkan peluang besar untuk mendapatkan beberapa informasi dan mengalibrasi harapan Anda untuk proses perekrutan. Mengetahui sesuatu seperti itu di awal akan membantu Anda memahami timeline yang dapat diharapkan.

 Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Upah di Bawah Rata-Rata Nasional

Tanyakan pengalaman mereka Menurut pelatih karier Muse, Clayton Wert, salah satu tujuan utama Anda memasuki career fair adalah menggunakannya sebagai titik awal untuk membangun hubungan jangka panjang.

Untuk itu, Anda tidak hanya ingin berbicara tentang diri sendiri setiap saat tapi harus berwawasan luas dan ingin tahu tentang perusahaan yang ingin Anda masuki. Tanyakan kepada mereka tentang pengalaman mereka di sana.

Anda mungkin belajar sesuatu tentang budaya yang tidak pernah bisa Anda dapatkan dari posting pekerjaan atau situs web sendiri. Plus, pendekatan ini akan membuat Anda lebih ingat dibandingkan kandidat pelamar lainnya.

 

Tanyakan Tentang Perkembangan Di Perusahaan

Anda mungkin seorang mahasiswa atau lulusan baru yang mencari langkah nyata pertama Anda ke bidang baru, tetapi Anda tidak akan menjadi pemula selamanya.

Anda bisa bertanya bukan hanya tentang peran yang telah Anda lamar, juga bagaimana Anda dapat belajar dan tumbuh dan melakukan lebih banyak hal. “Ini membuat perekrut tahu Anda memikirkan masa depan dan jangka panjang dengan perusahaan, jika Anda benar-benar berinvestasi dalam bagaimana masa depan Anda bisa terlihat di sana,” sebut Morell.


Tanyakan Tentang Budaya Perusahaan

Anda akan bekerja dengan kolega, tim, departemen, dan seluruh organisasi yang memiliki budaya unik. Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan waktu Anda di pameran karier adalah dengan mengajukan pertanyaan yang akan membantu Anda memahami budaya perusahaan dan menentukan apakah itu jenis lingkungan yang Anda inginkan.

Ini tidak selalu tentang budaya yang baik atau buruk, namun itu masalah menemukan kecocokan. Misalnya, Anda mungkin mencari suasana yang sangat kolaboratif atau, di sisi lain, Anda mungkin lebih suka bekerja secara mandiri.

Jika Anda baru mengenal dunia kerja, Anda mungkin tidak tahu persis apa yang Anda cari. Tetapi Anda masih dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan semacam ini untuk mengetahui apakah Anda tertarik atau tidak. Ketika Anda mengajukan pertanyaan tentang budaya, perhatikan bahasa tubuh atau gerak tubuh Anda. Biasanya perekrut akan menilai dan memerhatikan jawaban Anda juga.

 

Tanyakan Tentang Produk, Layanan, Atau Berita Terbaru Perusahaan

Sebelum datang ke acara career fair , Anda bisa melakukan riset dengan membuka situs perusahaan, temukan artikel terbaru atau siaran pers, dan perkembangan terbaru yang sedang dialami perusahaan.

Jika perusahaan baru saja mencapai tonggak utama, merilis produk baru, atau mengumumkan beberapa berita hebat, Anda bisa memberikan ucapan selamat saat datang ke acara career fair tersebut. Anda juga bisa membagi pengalaman pribadi Anda ke mereka terkait produk atau layanan yang mungkin digunakan orang terdekat Anda, seperti keluarga.

Tanyakan Bagaimana Anda Dapat Tetap Terhubung

Setelah Anda memiliki obrolan atau percakapan yang fantastis, selesaikan dengan memastikan ini tidak harus menjadi yang terakhir kalinya Anda berbicara.

Pastikan Anda mengetahui nama orang tersebut dan meminta kartu nama jika mereka memilikinya, atau bertanya bagaimana Anda dapat tetap berhubungan dengan mereka dan perusahaan. Dengan begitu, Anda akan memiliki kontak untuk dihubungi jika Anda tidak mendengar kabar tentang aplikasi Anda. Dan Anda juga bisa mulai mengembangkan hubungan jangka panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini