nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Sistem Satu Arah saat Mudik Lebaran 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 16:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 320 2058022 begini-sistem-satu-arah-saat-mudik-lebaran-2019-VjvHDZkrqu.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan terkait adanya rencana pemberlakuan ganjil genap di tol pada saat mudik Lebaran tahun ini. Namun, pada akhirnya kebijakan satu arah (one way) menjadi pilihan.

"Sebulan yang lalu ada isu viral ganjil genap bagi kendaraan yang lewat tol bagi pemudik. Akhirnya setelah bicara dengan Kakorlantas, Pemda Jabar, Jatim, Jateng telah diputuskan satu arah jalan pada saat mudik Lebaran," ujarnya di Gedung Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (20/5/2019).

 Baca Juga: Tol Trans Jawa Satu Arah hingga Brebes saat Mudik Lebaran

Dia menuturkan, satu arah ini suatu kegiatan yang sangat signifikan, karena paling tidak ada satu arus yang berlipat dua kali lipat. Dan dengan adanya itu tentu ada volume yang lebih banyak.

"Oleh karenanya kita hati-hati dan lakukan beberapa kegiatan persiapan. kemarin kami bagi tugas, saya di jalan tol, lalu Kementerian PUPR di jalan arteri, pantura," tuturnya.

 Baca Juga: Kebijakan Satu Arah di Tol Sebaiknya Tidak 24 Jam, Ini Penjelasannya

Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah menetapkan dari Kilometer (Km) 29 tol Jakarta-Cikampek sampai km 263 tol Brebes Barat akan diberlakukan searah untuk tanggal 30 Mei-2 Juni 2019.

"Dan arus balik dari tanggal 9-10 Juni 2019. Itu sudah diputuskan Kakorlantas udah setuju. Di mana semua kewenangannya kita berikan ke Kakorlantas," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini