nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Stabil, Mendag Optimistis Deflasi Pangan Akan Terjadi Bulan Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 27 320 2060839 harga-stabil-mendag-optimistis-deflasi-pangan-akan-terjadi-bulan-ini-YTQV9ZZ3Ga.jpg Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memperkirakan pada bulan Mei 2019 inflasi yang berasal dari pangan akan rendah. Bahkan, dirinya justru berharap jika komoditas pangan mengalami deflasi pada bulan ini.

Menurut Enggar, optimisme tersebut bukannya tanpa alasan yang kuat. Sebab, selama periode puasa harga pangan menurutnya masih sangat terkendali dan tidak ada lonjakan tinggi.

"Alhamdulillah bahan pokok tersedia, terkendala dan ada kemungkinan bulan ini paling tidak itu tidak ada inflasi bahan pokok makanan. Diharapkan ada deflasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Bahkan, kata dia, harga pangan ini akan terus turun dalam beberapa hari ke depan. Sebab menurutnya, stok pangan saat ini terus bertambah atau bahkan bisa dibilang kelebihan stok pangan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Kemendag Jual Sembako Murah

Enggar mengatakan, berlebihnya stok karena ada panen raya yang terjadi pada bulan April dan Mei. Selain itu juga stok impor beberapa komoditas pangan seperti bawang putih.

"Harga ini akan turun terus karena stoknya cukup dan berlebih," ucapnya.

Oleh karena itu, dia menekankan, pemerintah akan terus memastikan agar harga bahan pokok bisa terus terjaga. Salah satu caranya dengan mengirimkan pegawai Kementerian Perdagangan ke daerah-daerah untuk memantau harga pangan.

Baca Juga: Lapor Presiden, Mendag: Bahan Pokok Tersedia, Harga Terkendali

Staff atau pegawai yang dilepas ke pasar ini nantinya akan memantau harga-harga yang ada di daerah. Jika nantinya ada kenaikan, maka pemerintah siap melakukan operasi pasar.

"Kita juga akan lepas staf yang bertugas di pasar," ucapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini