nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPH Migas Minta Pertamina Siaga BBM di Tol Trans Jawa dan Cipali

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 21:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 28 320 2061547 bph-migas-minta-pertamina-siaga-bbm-di-tol-trans-jawa-dan-cipali-jIiSZuDEVv.jpg Foto: (Feby/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) mengimbau kepada PT Pertamina (Persero) agar menyediakan stok lebih banyak Bahan Bakar Minyak (BBM) pada arus mudik Lebaran 2019.

"Jadi, yang menjadi perhatian tahun ini yakni pada arus balik Lebaran 2019. Di mana, arus mudik kan banyak yang pulang tidak bersamaan atau bisa dicicil, seperti mudik tanggal 30 Mei dan seterusnya. Sedangkan arus balik ini, hanya tanggal 8-9 Juni masuk kantor pada 10 Juni sedangkan Lebaran 5-6 Juni 2019," ujar Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa di Gedung BPH Migas Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Dia menjelaskan pada arus balik 8-9 Juni itu, pasti kendaraan akan menumpuk. Maka itu Pertamina harus hati-hati. Di mana, dirinya sudah menyampaikan kepada Pertamina ada simulasi pada arus balik.

"Masalahnya kan kendaraan yang masuk ke rest area pada arus balik pasti akan penuh, kendaraan banyak di jalan dan mau ngisi BBM sulit. Maka itu sepeda motor pengisian BBM dari Pertamina itu diperbanyak jangan 50 kendaraan," tutur dia.

 Baca Juga: Libur Lebaran, Konsumsi Gas Industri Diprediksi Turun hingga 25%

Dia juga berharap agar sepeda motor yang membawa BBM mobile dari Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa dialihkan ke Tol Cipali pada saat arus balik Lebaran tersebut. Karena banyak masyarakat yang arus balik membutuhkan itu.

"Dan tahun ini untuk wilayah Sumatera sudah ada tol Bakauheni-Terbanggu Besar dengan jarak 141 km sudah ada. Di mana Pertamina sudah membuat 16 titik kios BBM. Pasalnya di sana belum ada rest area formal," katanya.

Sebelumnya, usai memastikan kebutuhan listrik tercukupi di Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa Bali di Gandul, Depok, Jawa Barat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) selama masa Ramadan dan Idul Fitri berjalan dengan baik.

 Baca Juga: 1.000 SPBU di RI Sudah Digital

Hal tersebut dipastikan usai Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar melakukan pemantauan langsung ke Terminal BBM Plumpang, Jakarta, hari ini, Selasa (28/5/2019). Dia menjamin pasokan dan distribusi BBM dalam kondisi aman.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini