nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Dagang, Intip Peta Persaingan Brand Lokal Vs Asing

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 03:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 31 320 2062648 perang-dagang-intip-peta-persaingan-brand-lokal-vs-asing-hEeaZVR5z8.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai di tengah era perdagangan dunia, brand lokal harus siap untuk bersaing dengan produk luar negeri. Enggar pun yakin terhadap kualitas brand lokal Indonesia.

Dia mengatakan, Indonesia miliki banyak keragaman produk. Berdasarkan survei terhadap produk kopi asal luar negeri yang rasanya kalah dengan kopi asal Indonesia.

"Namun saat disandingkan dengan produk kita, rasanya itu jauh lebih nikmat milik lokal kita. Bahkan CEO dari brand luar negeri tersebut mengakui, jika kopinya tidak enak. Ia hanya menjual brandnya saja," ucap Enggar.

Meski demikian, Enggar menilai, brand lokal harus terus berinovasi terhadap produknya, apalagi di tengah terjadinya perang dagang. Hal tersebut mempengaruhi daya beli dunia dan arus barang masuk.

"China kualitas bagus harga murah. Bisakah saya menghentikan? Tidak bisa. Kemudian sama bisakah kita menghentikan brand asing? Enggak bisa karena kita sudah menjadi bagian perdagangan dunia," kata Enggar.

Baca Selengkapnya: Mendag Ingin Produk Lokal Berani Bersaing dengan Brand Asing

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini