Uji Publik LRT Jakarta Dimulai 11 Juni

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 09 320 2064736 uji-publik-lrt-jakarta-dimulai-11-juni-ugq8uR8jZ6.jpg LRT Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA – Dalam persiapan untuk beroperasi secara komersial, PT LRT Jakarta kembali memberikan kesempatan untuk masyarakat bisa menikmati kereta lintas rel terpadu (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome. Kesempatan ini diberikan melalui program uji publik yang akan dimulai pada hari Selasa (11/6/2019).

Berdasarkan ketersediaan keberangkatannya, uji coba akan dilakukan hingga Jumat (21/6/2019) atau selama 11 hari. Adapun uji coba publik dilakukan dengan waktu operasi kereta mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 23.00 WIB dan selang waktu antar kereta (headway) 10 menit.

Terdapat 5 stasiun yang digunakan sebagai akses naik dan turun penumpang, yaitu diantaranya Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome.

Baca Juga: Terintegrasi, Skybridge Stasiun LRT Velodrome-Halte Busway Dikebut

Corporate Communication Manager Melisa Suciati menyatakan, untuk bisa mengikuti program uji publik ini, masyarakat hanya cukup membawa e-ticket yang didapatkan dari pendaftaran uji publik secara online di website PT LRT Jakarta. Lalu e-ticket akan di validasi oleh petugas di loket stasiun dan ditukarkan dengan tiket Single Journey Trip (SJT) sebagai akses masuk penumpang ke area berbayar (paid area).

“Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan LRT Jakarta. Kemudian, setibanya di stasiun tujuan, SJT akan diminta kembali oleh petugas di gerbang tiket keluar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (9/6/2019).

Menurut Melisa, proses uji publik dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan operasi sebelum diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tujuan utamanya tidak hanya mempersiapkan sistem perkeretaapian dan sumber daya manusia-nya saja, namun juga familiarisasi dan edukasi ke masyarakat terhadap moda transportasi baru.

“Ini perlu dipersiapkan dengan baik dalam rangka menyongsong peradaban budaya baru bertransportasi publik,” katanya.

Baca Juga: Dapat Lampu Hijau, LRT Jakarta Siap Dioperasikan

Dia pun mengimbau, bagi masyarakat yang mengikuti uji publik untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban bersama. Diantaranya dengan menjaga kebersihan membudayakan antri, mengutamakan kursi prioritas untuk penyandang disabilitas, wanita hamil dan lansia, lalu tidak makan dan minum di dalam kereta.

“Selain itu juga tidak memutar musik atau berbicara dengan keras, serta tidak melakukan kampanye politik diseluruh area LRT Jakarta dalam bentuk apapun,” tambah dia.

Adapun secara rinci cara mengikuti uji publik LRT Jakarta sebagai berikut:

1. Isi data diri pada halaman website LRT Jakarta

2. Pilih jadwal kunjungan uji publik

3. Submit formulir dan verifikasi email anda

4. Setelah terverifikasi, download e-ticket pada email attachment

5. Tunjukkan e-ticket kepada petugas ticketing di loket stasiun untuk ditukarkan dengan tiket Single Journey Trip LRT Jakarta

Sedangkan syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai berikut:

1. Setiap e-ticket hanya berlaku 1 kali untuk 1 orang

2. Satu alamat email dapat digunakan untuk pendaftaran berkali-kali

3. E-ticket hanya dapat divalidasi di tanggal yang telah dipilih

4. E-ticket dapat di cetak maupun di tunjukkan file unduhnya (softcopy) ke petugas

5. Anak dibawah umur 3 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran

6. Petugas berhak memutuskan untuk tidak mengikutsertakan pendaftar yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini