nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI 'Jualan' Blok Migas ke Investor Asing

Rabu 12 Juni 2019 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 12 320 2065820 ri-jualan-blok-migas-ke-investor-asing-VNr3IyyngN.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA  - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan promosi investasi (roadshow) untuk menawarkan kepada investor asing sejumlah blok migas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto menyatakan, upaya tersebut dilakukan agar nantinya lelang wilayah kerja migas bisa langsung mendapatkan kontraktor.

"Kita menawarkan ke banyak (kontraktor), kita tawarkan mereka banyak (wilayah kerja), nanti kalau tertarik, baru kita lelang. Kalau tidak ada yang tertarik kita lelang percuma kan, buang waktu dan tenaga," katanya seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

 Baca Juga: Wamen Arcandra: Penandatanganan WK Selat Panjang Selesai Pekan Ini

Dalam gelaran roadshow terakhir, pemerintah menawarkan tujuh wilayah kerja migas. Namun Djoko enggan merinci wilayah kerja mana saja yang dimaksud.

"Ada tujuh yang ditawarkan, kita lihat atensi untuk itu yang mana, baru kita lelang," imbuhnya.

Dia menambahkan, ada dua atau tiga dari tujuh wilayah kerja migas yang tampaknya cukup menarik minat para kontraktor migas.

 Baca Juga: Lelang WK Migas Tahap III Dibuka, Berminat?

Menurut Djoko, upaya menjemput bola itu ditanggapi positif oleh para badan usaha. Pasalnya, dalam roadshow, pemerintah menyajikan informasi mengenai wilayah kerja hingga membuka ruang diskusi.

Namun, diakuinya keputusan untuk menanamkan modal di sektor migas membutuhkan waktu dan komitmen. Terlebih jika badan usaha tersebut memerlukan persetujuan kantor pusat untuk kegiatan investasi.

"Beberapa perusahaan butuh waktu untuk mempelajari. Makanya sebelum kita lelang, kita proaktif roadshow, kita lihat (respons) bagaimana," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini