nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perusahaan Perikanan AS Tanamkan Investasi Rp700 Miliar di Manado

Subhan Sabu, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 16:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 17 320 2067424 perusahaan-perikanan-as-tanamkan-investasi-rp700-miliar-di-manado-X7CRF1F7AD.jpg foto: Okezone

MANADO - Perusahaan budidaya perikanan asal Amerika Serikat (AS), Forever Ocean berinvestasi di Sulawesi Utara (Sulut). Dipilihnya Manado karena produksi Forever Oceans difokuskan pada spesies bernilai tinggi dan berkelanjutan yang tumbuh dengan baik di wilayah perairan hangat, dan lokasi itu sangat baik di Sulut.

"Kami melihat potensi luar biasa di Sulawesi Utara dan berterima kasih atas kemitraan masyarakat yang memungkinkan kami membawa budidaya laut berkelanjutan ke wilayah tersebut," ujar CEO Forever Oceans Jason Heckathorn, Senin (17/6/2019).

Perusahaan budidaya laut yang berbasis di Virginia itu berinvestasi senilai Rp700 miliar untuk budidaya ikan jenis bobara atau amber jack yang merupakan ikan khas Sulawesi Utara. Rencananya, budidaya ikan lepas pantai ini berlokasi di perairan Likupang, Minahasa Utara atau perairan Manado.

Dengan menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan scalable volume ikan berkualitas tinggi dengan cara yang ramah lingkungan, investasi ini diharapkan akan menghasilkan lebih dari 100 pekerjaan yang akan berkontribusi pada ekonomi lokal yang berkelanjutan.

"Investasi kami di sini berlangsung dalam jangka panjang. Forever Oceans juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Sulawesi Utara," kata Heckathorn.

Baca Juga: Butuh Investasi Rp5.823 Triliun untuk Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 2020

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan Jr mengatakan bahwa peresmian investasi Forever Oceans ini menandai perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat. Dubes AS yakin kedepannya ada perusahaan lainnya yang berinvestasi di Sulut.

"Investasi ini memperkuat hubungan bisnis dan masyarakat Sulawesi Utara dengan Amerika Serikat. Saya optimis lebih banyak lagi investasi dari Amerika Serikat yang masuk ke sini," kata Donovan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyatakan optimis kehadiran Forever Oceans di Sulut semakin memantapkan peran sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung upaya peningkatan perekonomian Sulut.

"Saya berterima kasih karena baru kali ini ada investasi bernilai besar dari Amerika Serikat. Saya percaya perusahaan besar seperti Forever Oceans mempunyai akses permodalan, sumber daya manusia, teknologi dan pasar yang baik. Ini akan membawa perubahan kepada industri perikanan di Sulawesi Utara," kata Olly.

Baca Juga: Menperin Dorong Realisasi Investasi Sojitz Corporation

Lanjut Olly, era sekarang adalah sebuah masa di mana kerjasama dan kemitraan pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci untuk melakukan lompatan dalam menggapai perubahan ke arah yang lebih baik.

"Saya berharap instansi di Sulawesi Utara khususnya Dinas Kelautan Perikanan dapat memberikan dukungan penuh kepada Forever Oceans," ujar Olly.

Lebih jauh, Olly berharap kepada Dubes AS Joseph Donovan, Jr dapat mendatangkan investor lainnya untuk berinvestasi di Sulut.

"Saya harap Pak Dubes bisa mengajak investor lainnya ke sini. Banyak potensi yang bisa dikembangkan di Sulawesi Utara," pungkas Olly.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini