nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Butuh Rp685,5 Miliar, Waskita Karya Renovasi Terminal 1 Bandara Juanda

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 21:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 28 320 2072349 butuh-rp685-5-miliar-waskita-karya-renovasi-terminal-1-bandara-juanda-DoXD0z5WUG.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menggarap renovasi proyek pengembangan Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya. Untuk melakukan renovasi tersebut, menghabiskan investasi Rp685,5 miliar.

President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra mengatakan, proyek tersebut yang meliputi pembangunan terminal baru seluas 30.000 meter persegi di sebelah utara Terminal 1 eksisting.

Proyek itu juga meliputi renovasi terminal eksisting seluas 60.000 meter persegi termasuk perluasan koridor airside serta perluasan lahan parkir dan beautifikasi toll gate.

"Proyek ini digarap sendiri oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dengan dibantu oleh beberapa subkontraktor spesialis seperti Konstruksi Baja, Plafond Metal, Baggage Handling System, Travelator, dan Elektronika Bandara," ujarnya dikutip dari Keterangan tertulis, Jumat (28/6/2019).

Ada pun lelang dilaksanakan secara terbatas, di mana hanya kontraktor yang terdaftar di dalam VMS PT Angkasa Pura I dan memenuhi kualifikasi yang diundang. Sementara pelaksanaan proyek ditargetkan selesai dalam 12 bulan.

"Jika pelaksanaan pekerjaan dimulai Juli 2019, maka ditargetkan selesai pada Juni 2020," ujarnya

Perluasan Terminal 1 Bandara Juanda akan difungsikan untuk terminal umroh guna menyediakan fasilitas yang lebih nyaman kepada jamaah serta menambah kapasitas jumlah penumpang yang sudah mencapai 15 juta pax/tahun.

Sedangkan renovasi Terminal 1 berfungsi untuk mengumpulkan terminal keberangkatan di sisi kiri dan terminal kedatangan di sisi kanan, serta meremajakan tampilan interior.

Renovasi juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara sehingga diharapkan bisa mengantisipasi proyeksi peningkatan jumlah penumpang di tahun mendatang.

Meski menjalani renovasi, operasional bandara tetap bisa berjalan seperti biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini