Harga Ayam Berangsur Naik, Peternak Keluhkan Pakan Ternak Mahal

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 01 320 2073212 harga-ayam-berangsur-naik-peternak-keluhkan-pakan-ternak-mahal-TVXlmpAOQe.jpg Peternakan Ayam (Foto: Okezone)

KOTA MALANG - Usai sempat anjlok di kisaran harga Rp8.000 per kilogram, harga jual ayam potong di tataran peternak kembali merangkak naik awal pekan ini.

Peternak ayam potong Muhammad Zainullah mengakui adanya kenaikan harga jual ayam potong menjadi Rp15.000 - Rp15.500 dalam sepekan ini, dari sebelumnya pernah menyentuh angka Rp8.000.

Baca Juga: Harga Anjlok, Sultan: Peternak Bisa Tolak jika Ayam Dibeli Murah

"Kalau sekarang sudah berangsur-angsur naik. Harga jual dari kandang saja mencapai Rp15.000 per kilogramnya saat ini, jauh jika dibandingkan 2 minggu lalu yakni Rp8.000 per kilogramnya," jelas Zainul saat ditemui Okezone, Senin (1/7/2019).

Peternakan Ayam

Menurutnya, meski sudah mengalami kenaikan, namun harga tersebut masih berada sedikit di bawah harga standar ayam potong dari peternak.

"Kalau sekarang dibilang normal ya normal, tapi bagi lainnya kurang masih di bawah target. Normalnya sekitar Rp 17.000-an per kilogramnya. Apalagi ini harga pakan mahal," lanjutnya.

Baca Juga: Menko Darmin Bingung Harga Ayam Anjlok

Dia mengaku kenaikan ini disebabkan adanya permintaan yang cukup banyak di samping stok yang melimpah. "Kalau kemarin saat murah itu, stoknya banyak tapi permintaan pasar minim. Makanya harganya anjlok jauh," tambahnya.

Selama harga jual ayam potong dari peternak anjlok, Zainul yang berkolaborasi dengan perusahaan peternak ayam mengaku tak banyak untung yang dia dapat.

"Kalau harga jual murah di bawah kontrak ya kita bisa untung. Kalau di atas kontrak itu selisih harganya nanti kita dapat bonus," bebernya.

Di peternak yang ia kelola sendiri saat ini terdapat setidaknya 3.000 ekor ayam potong siap panen dalam waktu dekat ini.

"Kalau ini satu kandang bawah 1500 ekor, atas juga sama. Jadi semuanya 3000 ekor. Besok sudah panen, rencana panen hari ini tapi ini tadi menghabiskan pakan ternak saja," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini