nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Tamu Baru, Indonesian Tobacco Melantai di Bursa Hari Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 08:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 04 278 2074411 jadi-tamu-baru-indonesian-tobacco-melantai-di-bursa-hari-ini-vuH4zgKQ7g.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal menambah satu perusahaan yang mencatatkan saham perdananya di pasar modal pada hari ini, Kamis (4/7/2019). Perusahaan tersebut, PT Indonesian Tobacco melakukan Initial Public Offering (IPO) pada pembukaan perdagangan pagi ini.

Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan tembakau bakal melepas sebanyak-banyaknya 274,06 juta saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jumlah saham tersebut setara dengan 29,13% dari modal ditempatkan dan disetorkan perusahaan serta akan dilepas dengan nilai nominal Rp50 per saham. Memuluskan aksi korporasi tersebut, Indonesian Tobacco menunjuk PT Phillip Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

 Baca Juga: IPO, Indonesian Tobacco Incar Dana Rp63 Miliar

Nantinya, dana yang diperoleh dari aksi korporasi ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja berupa pembelian bahan baku, yakni daun tembakau.

Selanjutnya, perseroan akan membagi lagi porsi pembelian tembakau berdasarkan segmen wilayah pembeliannya yaitu 25% Jawa Tengah (Muntilan, Temanggung, Parakan, dan Boyolali), 50% Jawa Timur dan Madura (Bondowoso, Kasturi, Maesan, Jombang), serta 25% Bali dan Lombok untuk jenis tembakau virgnia).

 Baca Juga: 25 Perusahaan Antri Go Public di Pasar Modal Indonesia

Hingga Desember 2018, total liabilitas yang dimiliki perseroan sebesar Rp149,66 miliar, terdiri atas liabilitas jangka pendek senilai Rp130,15 miliar dan liabilitas jangka panjang Rp7,98 miliar.

Di sisi pendapatan, perseroan membukukan penjualan bersih sebesar Rp134,52 miliar atau naik 18,65% secara tahunan. Pendapatan bersih berasal dari hasil penjualan tembakau iris yang sudah diolah dengan berbagai faktor yang kemudian secara lokal maupun ekspor.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini