nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Melandai

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 16:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 08 20 2076138 gubernur-bi-ramal-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-melandai-upSqODxpLs.jpeg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua akan melandai. Hal ini terlihat dari survei yang telah dilakukan oleh BI.

"Artinya melandai itu apa? Ya, kalau pertumbuhan ekonomi year on year (yoy) hampir sama dengan triwulan I-2019 itu yang kami sampaikan. Kurang lebih 5,07-5,1%," ujar Perry Di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/7/2019).

 Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi 2018 Capai 5,17%, Sri Mulyani: Tertinggi 4 Tahun Terakhir

Dia menuturkan, bahwa sumber pertumbuhan terutama dari dua hal, yaitu konsumsi rumah tangga yang kuat, karena bersamaan dengan pemilu dan pengeluaran lebih tinggi musiman berkaitan dengan Ramadan dan Idul Fitri.

"Sumber pertumbuhan kedua, yakni investasi bangunan berkaitan dengan belanjutnya proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Kedua itu sumber yang menopang pertumbuhan ekonomi di triwulan II-2019," tutur dia.

 Baca Juga: Rupiah Tembus Rp15.000/USD, Sri Mulyani: 2018 Bukan Tahun yang Mudah

Sementara itu, lanjut dia, kinerja ekspor dampak dari trade war sudah terlihat di triwulan II-2019 terutama sejumlah ekspor komoditas maupun manufaktur. Kecuali kalau ekspor komoditas batu bara dan kelapa sawit masih cukup bagus, tetapi untuk yang lain-lain itu memang ada dampak dari trade war.

"Demikian juga ekspor manufaktur yang umumnya ke AS, tetapi sejumlah kinerja ekspor juga ada yang cukup baik cuma kebiasaannya danm emang tipikal di Indonesia, kalau ekspor turun itu memang impor menurun. Itu karakteristik atau pola pertumbuhan di triwulan II-2019. Kita tunggu saja dari BPS ya," pungkas dia

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini