nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Pemerintah Studi Banding ke Malaysia hingga Brasil

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 14:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 10 470 2077065 ibu-kota-pindah-pemerintah-studi-banding-ke-malaysia-hingga-brasil-c6rTlnIFWh.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan mencontoh beberapa negara yang telah sukses memindahkan ibu kota negaranya. Beberapa negara yang masuk dalam radar adalah Brasil, Malaysia hingga Pakistan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah akan melakukan studi banding ke beberapa negara tersebut. Meskipun begitu dirinya belum bisa memastikan kapan studi banding akan dilakukan.

 Baca Juga: Punya Banyak Kesamaan, Indonesia Contek Brasil Dalam Pemindahan Ibu Kota

Mengingat saat ini pemerintah masih fokus pada kajian lokasi. Lokasi dari ibu kota sendiri akan segera diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun ini.

"Ya pasti ada (studi banding) tapi nanti, yang penting kita fokus pada kajian lokasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

 Baca Juga: Ibu Kota Resmi Pindah ke Kalimantan, Presiden Jokowi Segera Umumkan Lokasinya

Bambang menjelaskan, pada tahun ini pemerintah akan menetapkan lokasi dari ibu kota baru. Kemudian pada tahun 2020, masuk dalam proses perencanaan lebih dalam.

 Ibu Kota Pindah

Kemudian pada 2021-2023 pemerintah akan memulai proses pembangunan. Lalu pada tahun 2024 mulai dilakukan pemindahan pusat pemerintahan secara bertahap.

"Pengumumannya (lokasinya) oleh Presiden tahun ini," jelas Bambang.

Menurut Bambang, alasan mengapa memilih Kalimantan adalah karena letaknya berada di tengah-tengah. Artinya ibu kota baru ini dekat dengan wilayah dengan wilayah barat dan juga tidak terlalu jauh dari wilayah timur Indonesia.

“Kita ingin ibu kota baru itu Indonesia sentris, karena didesain dan dipilih bangsa sendiri,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini