nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK: Uang Kripto Libra Milik Facebook Tanggung Jawab BI

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 17:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 19 320 2081100 ojk-uang-kripto-libra-milik-facebook-tanggung-jawab-bi-RuiclnJAKb.jpg Facebook (Reuters)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut masih mengamati perkembangan rencana Facebook mengeluarkan Libra sebagai salah satu alat pembayaran.

Kepala Group Inovasi Keuangan Digital OJK, Triyono Gani mengatakan Libra itu payment system. Di mana hal ini sebenarnya merupakan tanggung jawab dari Bank Indonesia.

 Baca juga: Kritik Mata Uang Kripto Libra, Senator AS: Facebook Itu Berbahaya

"Oleh karena itu, OJK dalam hal Libra sebagai currency atau mata uang kelihatannya kurang relevan dengan tugas dan tanggung jawab kami di OJK," ujar dia di Kantornya, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

 Mata uang Libra (Reuters)

Dia menuturkan, sampai saat ini Libra belum diluncurkan secara resmi sehingga belum terlihat dampaknya bagi masyarakat. Namun, pihaknya sudah menerima berbagai keberatan mengenai rencana pengoperasian Libra antar lintas negara.

 Baca juga: Mata Utang Digital Libra Facebook Berpeluang Dipakai di Indonesia

"Walaupun belum launching dengan segala pertimbangannya dan bahkan ada beberapa otoritas yang sudah keberatan dengan keberadaan Libra ini. Kami melakukan pengamatan serius walaupun memang bukan menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan pengaturan," tutur dia.

Dia menambahkan pengaturan mata uang digital atau cryptocurrency seperti Libra di Indonesia sebenarnya diatur oleh 3 lembaga. Seperti, dari sisi mata uang diatur oleh Bank Indonesia. Lalu untuk investasi diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dan OJK bertindak sebagai pengawas lembaga pelaksananya.

 Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Digital Bernama Libra

"Kita harus pahami posisi OJK. Di mana kami tidak mengawasi mata uangnya tetapi kami mengawasi lembaga keuangannya yang menggunakan mata uangnya tersebut. Kami akan terus melakukan kajian, kita harus mempresentasikan Libra ini ke dewan komisioner," ungkap dia.

Sebelumnya, Facebook memperkenalkan Libra bulan lalu sebagai alternatif dari mata uang kripto yang sudah populer, bitcoin. Facebook berharap untuk meluncurkan mata uang tersebut pada tengah tahun pertama tahun 2020.

Mata uang kripto milik Facebook, Libra dikritik tajam oleh anggota DPR Amerika Serikat. Mereka acap kali merujuk pada apa yang disebut sebagai kegagalan perusahaan media sosial ini untuk melindungi informasi penggunanya.

Anggota Komite Perbankan Senat bertanya kepada David Marcus, kepala proyek Libra Facebook, bagaimana perusahaan akan digunakan untuk menciptakan Libra, sebuah mata uang kripto yang oleh Facebook digambarkan akan memungkinkan transfer dana lintas perbatasan dan murah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini