nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Uang Kripto Libra Milik Facebook, OJK: Kami Hanya Awasi Lembaga Keuangannya

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 05:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 320 2081212 soal-uang-kripto-libra-milik-facebook-ojk-kami-hanya-awasi-lembaga-keuangannya-6ANCJCOB5z.jpg Facebook Libra (Reuters)

JAKARTA - Rencana Facebook mengeluarkan Libra sebagai salah satu alat pembayaran sedang diamati Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, pasalnya kewenangan tersebut menjadi tanggung jawab Bank Indonesia.

Kepala Group Inovasi Keuangan Digital OJK, Triyono Gani mengatakan Libra itu payment system. Di mana hal ini sebenarnya merupakan tanggung jawab dari Bank Indonesia.

"Oleh karena itu, OJK dalam hal Libra sebagai currency atau mata uang kelihatannya kurang relevan dengan tugas dan tanggung jawab kami di OJK," ujar dia.

Dia menambahkan pengaturan mata uang digital atau cryptocurrency seperti Libra di Indonesia sebenarnya diatur oleh 3 lembaga. Seperti, dari sisi mata uang diatur oleh Bank Indonesia. Lalu untuk investasi diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dan OJK bertindak sebagai pengawas lembaga pelaksananya.

Baca selengkapnya: OJK: Uang Kripto Libra Milik Facebook Tanggung Jawab BI

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini