nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan JK ke CPNS Baru: Jangan Jadi PNS Ingin Dihormati

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 11:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 24 320 2082913 pesan-jk-ke-cpns-baru-jangan-jadi-pns-ingin-dihormati-tpX5HaMGQb.jpg Foto: JK Sindir PNS Zaman Dulu (Giri/Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru untuk mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Sebab sesuai dengan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebagai pelayan masyarakat.

Menurut JK, sebagai seorang ASN jangan lagi ada pemikiran ingin dilayani dengan fasilitas negara. Apalagi terlintas pemikiran untuk dihormati oleh masyarakat

“Jangan lagi berprinsip untuk diayomi. Karena banyak PNS yang pengen dihormati pengen dapat fasilitas yang baik itu pikiran yang berubah harus kita ubah,” ujarnya di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

 Baca Juga: Wapres JK Sindir PNS Zaman Dulu: Ingin Dilayani, Dihormati

Menurut JK, sebagai seorang ASN sudah sewajarnya untuk bertugas melayani masyarakat. Meskipun jenis pelayanannya berbeda beda setiap sektor dan bidangnya.

“Prinsip anda adalah melayani, melayani berbeda cara melayani tergantung apa tugasnya. Seorang guru artinya mengajar dan mendidik generasi muda dengan baik,” ucapnya.

 Baca Juga: Jusuf Kalla ke CPNS: Tugas Kalian Meneruskan Para Pendahulu

Dirinya mencontohkan misalnya sebagai seorang pegawai di Kementerian Kesehatan, artinya harus bisa mendorong kesehatan masyarakat untuk lebih baik lagi. Contoh lainnya adalah sebagai pegawai di Kementerian PUPR maka harus bisa membangun infrastruktur dengan baik untuk kemajuan negara.

Apalagi saat ini pemerintah tengah berfokus untuk membangun infrastrutkur yang masif. Tentunya diperlukan tenaga tenaga muda yang handal.

Contoh lainnya adalah pegawai di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Pegawai ini harus bisa meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara untuk lebih baik lagi.

“MenpanRB misalnya bagaimana menggerakan dan tentu meningkatkan kapasitas ASN kita,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini