Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Apply Kredit Online

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 27 11 2084274 ini-yang-harus-diperhatikan-sebelum-apply-kredit-online-dO0LCdVkWF.jpg

KREDIT online seperti Kredivo, selain menawarkan cara praktis, mudah, dan cepat untuk kredit atau nyicil barang, juga memiliki tingkat suku bunga yang rendah dan tenor yang beragam. Maka, nggak heran kalau belakangan ini metode pinjaman online makin populer dan jadi favorit banyak orang sebagai cara baru untuk kredit.

Tapi, nggak bisa dipungkiri, karena saking mudahnya apply pinjaman online dan banyaknya lembaga pinjaman yang menawarkan metode ini, pinjaman online juga berpotensi dalam menimbulkan kebiasaan baru yang sifatnya negatif: menganggap remeh cicilan & meningkatkan gaya hidup konsumtif. Sebab, sekarang, apa-apa semuanya bisa dicicil.

Padahal, apply pinjaman online sama juga artinya dengan menambah beban baru pada arus kas keuangan bulanan pribadimu. Boleh aja apply, tapi supaya keuangan tetap aman, sebaiknya perhatikan 3 hal ini dulu ya.

Tujuan apply kredit online

Kredit online seperti Kredivo idealnya cocok digunakan bagi orang yang belum mendapat akses kredit dari perbankan, misalnya kartu kredit. Selain itu, layanan ini juga cocok digunakan oleh first jobber yang penghasilannya belum besar, atau pekerja lepas dan wiraswasta yang tidak memiliki slip gaji. Sebab, daftar akun Kredivo tidak membutuhkan slip gaji, melainkan hanya dengan menyambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan.

Apabila kamu tidak termasuk orang dengan kriteria tersebut, dengan kata lain, sudah memiliki akses kredit ke perbankan berupa kartu kredit, maka pertanyaannya: untuk apa apply pinjaman online? Pada dasarnya, baik kartu kredit konvensional ataupun online seperti Kredivo punya cara kerja yang sama: yaitu bisa dipakai untuk transaksi di e-commerce atau merchant offline, bisa untuk kredit barang s.d 12 bulan, dan bisa digunakan untuk pinjaman tunai. Perbedaan utamanya terletak pada cara dan proses pendaftaran. Kredivo sebagai penyedia pinjaman online punya persyaratan dan cara mendaftar yang lebih mudah dibanding apply kartu kredit ke bank, antara lain:

Pendaftar wajib berusia minimal 18 tahun ke atas.

Pendaftar sudah memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.

Pendaftar berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Sebaiknya, jangan apply pinjaman online apabila kondisinya kartu kreditmu sudah mencapai limit, lalu kamu membutuhkan akses kredit lain untuk transaksi ini dan itu. Selain bisa memperburuk kondisi keuangan, skor kreditmu juga akan terkena imbasnya dan pengajuan berisiko untuk ditolak.

Total utang yang saat ini dimiliki

Masih terkait dengan kondisi keuangan, apply pinjaman online boleh-boleh aja selama penghasilan bulananmu masih punya ‘slot’ yang ideal untuk bayar tagihan. Beberapa pakar finansial menyatakan bahwa kondisi keuangan bisa disebut sehat dan ideal apabila total utang yang kamu punya saat ini tidak melebihi 30% total penghasilanmu. Contohnya, kalau gaji kamu per bulan adalah sebesar Rp 5 juta, artinya, utang atau cicilan yang kamu punya tidak boleh lebih dari Rp 1,5 juta per bulan kalau mau keuangan tetap sehat dan lancar.

Buat kamu yang baru mau coba-coba kredit barang, opsi ini kartu kredit. Tapi, bagi kamu yang sudah pernah punya histori kredit sebelumnya atau sedang punya kredit berjalan, sangat penting untuk menghitung total kredit yang kamu miliki saat ini dan dibandingkan dengan total penghasilan, sebelum mengambil kredit lainnya.

Fasilitas pinjaman online seperti Kredivo menggunakan teknologi machine learning yang bisa menganalisa jumlah penghasilan dan histori kredit yang pernah kamu miliki sebelumnya. Pengajuanmu sangat mungkin untuk ditolak apabila terlihat kondisi besar pasak daripada tiang dalam rekeningmu. Ketika mendaftar Kredivo, kamu akan diminta untuk mengunggah data-data berikut ini:

Foto KTP asli.

Foto selfie.

Akun internet banking sebagai bukti penghasilan.

Dan akun e-commerce sebagai bukti domisili kamu saat ini.

Dari data-data inilah kemudian machine learning tersebut akan menganalisa apakah pendaftaranmu layak untuk diapproved atau tidak serta berapa besaran limit kredit yang bisa kamu dapatkan. Untuk akun Basic, limit maksimal yang bisa diberikan Kredivo mencapai hingga Rp 3 juta, sementara untuk akun Premium, limit maksimalnya bisa mencapai Rp 30 juta. Ini tentu bergantung lagi pada seberapa besar penghasilanmu dan seberapa sehat histori rekening atau kredit yang pernah kamu miliki sebelumnya.

Kredibilitas fasilitas kredit online yang dipilih

Banyak faktor yang bisa menjadi tanda kredibel atau tidaknya sebuah fasilitas kredit online. Tapi, yang paling utama dan perlu kamu cek adalah legalitasnya: apakah penyedia kredit tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Yang sudah pasti aman digunakan adalah yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, seperti Kredivo.

Selain itu, beberapa poin penting lain yang perlu kamu cek sebelum apply pinjaman online adalah:

Besaran suku bunga.

Kebijakan privasi dan keamanan data.

Alamat kantor yang jelas dan kontak CS yang bisa dihubungi.

Perusahaan yang menjadi mitra terkait.

Dari sekian banyak pilihan, Kredivo adalah yang memiliki suku bunga paling rendah: baik untuk cicilan barang ataupun pinjaman tunai, suku bunganya hanya 2,95% per bulan.

Untuk kredit barang, Kredivo bisa digunakan di lebih dari 250 lebih e-commerce dan merchant offline di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, Bhinneka, dsb. Hanya dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta, kamu sudah bisa cicilan pakai Kredivo dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan, tanpa uang muka.

Sementara untuk pinjaman tunai, Kredivo menyediakan fasilitas pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Jadi, kamu bisa mencairkan atau mengubah limit nontunai di akun Kredivo-mu menjadi pinjaman tunai dengan kedua fitur ini. Pinjaman mini untuk minimal pengajuan pinjaman Rp 500 ribu dan pinjaman jumbo untuk minimal pengajuan pinjaman Rp 1 juta ke atas.

Supaya bisa menggunakan kedua fasilitas ini: baik kredit barang atau pinjaman tunai, pastikan bahwa kamu terdaftar sebagai pengguna premium.

Tertarik apply Kredivo? Download aplikasinya sekarang di Google Play Store atau App Store. :)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini