nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Lakukan 3 Hal Ini? Sebaiknya Jangan Pinjam Dana Online

Minggu 28 Juli 2019 09:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 28 11 2084549 sering-lakukan-3-hal-ini-sebaiknya-jangan-pinjam-dana-online-QG3bcIRPlY.jpg Foto: ist

BERENCANA pinjam dana secara online ke aplikasi fintech? Eits, tunggu dulu. Selain perlu pilah-pilih fintech dengan matang sebelum menggunakan, mengajukan bantuan dana online juga sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan, nggak asal coba-coba apalagi impulsif.

Adalah Kredivo, fintech kredit online yang saat ini mematok suku bunga rendah, hanya 2,95% per bulan, dengan tenor maksimal hingga 6 bulan, dan limit kredit maksimal s.d Rp 30 juta. Karena bunga yang tinggi dan tenor yang singkat inilah, maka sebaiknya jangan dulu pinjam dana ke fintech kalau kamu masih ‘rutin’ lakukan 3 hal ini.

Kerap kehabisan uang tanpa tau juntrungannya

Butuh disiplin dan target yang tepat untuk bisa melunasi cicilan pinjaman dana di fintech yang tenggat waktunya singkat. Kalau kamu masih sering kehabisan uang di tengah bulan, padahal baru aja gajian, maka pinjam ke fintech untuk menutup kebutuhan sampai hari gajian lagi bukanlah solusi. Sebaliknya, justru malah bisa menambah masalah.

Idealnya, meski pinjam ke fintech berbunga rendah dan tenor panjang seperti Kredivo, tujuan pinjaman bukan untuk kebutuhan sehari-hari yang sifatnya berkelanjutan, melainkan lebih untuk kebutuhan mendesak seperti rumah sakit, biaya sekolah, dan sejenisnya. Solusi yang paling realistis untuk yang satu ini tentunya dengan mencari sumber penghasilan lain: cobalah apply jadi freelancer sesuai skill atau mulai bisnis kecil-kecilan seperti berdagang makanan ringan atau jadi agen pulsa.

Selain karena memang kebutuhan banyak tapi penghasilan minim, kehabisan uang di tengah bulan tanpa tau juntrungannya juga bisa jadi tanda kalau kamu belum memiliki skill mengelola uang yang baik dan tidak membuat anggaran keuangan bulanan.

Terus-terusan membayar minimum kartu kredit

Sering gesek kartu kredit sampai batas limit tapi bayarnya selalu minimum? Nah, ini adalah poin ‘gawat’ kedua yang jadi tanda kalau kamu belum cocok pakai aplikasi fintech. Membayar minimum payment kartu kredit sama artinya dengan menumpuk utang, sebab selama belum dilunasi, maka bunganya tetap berjalan dan menambah akumulasi utangmu menjadi lebih besar. Kalau kartu kredit yang tempo bayarnya satu bulan aja belum bisa dilunasi, yakin bisa bayar angsuran pinjaman dana di fintech yang temponya singkat?

Lebih memilih berburu diskon daripada menabung & menyelesaikan cicilan

Berburu diskon memang menyenangkan, tapi kalau dilakukan terus-menerus, lama-lama bisa jadi habit yang berujung pada pemborosan. Hasrat berburu diskon perlu diwaspadai apabila kamu lebih memilih belanja dibanding menabung atau fokus menyelesaikan cicilan yang tersisa. Apalagi kalau sampai menggunakan dana bayar cicilan untuk belanja. Gawat, deh! Bisa-bisa jadi kredit macet.

Kalau kamu belum bisa kontrol hasrat berburu diskonan & belanja, bisa repot deh. Karena beberapa aplikasi fintech punya fungsi menarik selain untuk pinjam dana. Kredivo misalnya, yang bisa digunakan untuk cicilan barang di 250 lebih e-commerce dan merchant partner, mulai dari Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Tiket.com, Blibli, Berrybenka, dan masih banyak lagi. Selain tanpa perlu dp, cicilan barang pakai Kredivo juga syaratnya cuma perlu minimal total pembelanjaan Rp 1 juta aja. Plus pilihan tenornya beragam: 3/6/12 bulan, dengan suku bunga angsuran 2,95% per bulan.

Perbaiki tiga kebiasaan tersebut & gunakan aplikasi pinjam dana online yang bersahabat

Yuk, pelan-pelan, coba perbaiki dulu tiga kebiasaan tersebut sebelum mengambil cicilan lain, baik ke lembaga keuangan seperti bank ataupun ke fintech kredit online. Kalau sudah membaik dan bisa mengontrol diri, baru deh bisa pertimbangin lagi buat pakai jasa fintech.

Pilih fintech yang bersahabat dari segi fasilitas, limit, dan suku bunga supaya cashflow tetap stabil dan aman. Dengan Kredivo misalnya, pinjam dana tunai bisa dilakukan apabila kamu sudah terdaftar sebagai akun Premium dan mendapat limit kredit nontunai. Limit inilah yang nantinya bisa dicairkan menjadi pinjaman tunai lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Dua fitur ini tersedia di aplikasi Kredivo dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Butuh pinjaman jumlah kecil? Maka andalkan pinjaman mini yang tempo pengembaliannya maksimal 30 hari dengan jumlah pinjaman minimal mulai Rp 500 ribu. Butuh pinjaman besar? Maka kamu bisa pilih fitur pinjaman jumbo yang minimal pengajuannya mulai dari Rp 1 juta, dengan tenor 3 atau 6 bulan. Suku bunga angsuran untuk kedua fitur ini sama-sama sebesar 2,95% per 30 hari atau per bulannya ditambah dengan potongan biaya admin sebesar 6% di awal.

Untuk daftar Kredivo, download aplikasinya di Google Play Store atau App Store & pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini