nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Minta Perbankan Mitigasi Risiko Gagal Bayar Duniatex

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 17:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 30 320 2085565 ojk-minta-perbankan-mitigasi-risiko-gagal-bayar-duniatex-VcK5R6lwGp.jpeg Foto: OJK Mitigasi Dampak Gagal Bayar Duniatex (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau industri perbankan untuk dapat segera melakukan mitigasi dampak dari potensi gagal bayar (default) utang obligasi PT Delta Merlin Dunia Textile (DMDT) yang tergabung dalam Grup Duniatex.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan, mitigasi tersebut perlu dilakukan untuk mencegah adanya kredit macet ke perbankan.

"Bagaimana mitigasi, kita minta untuk direstrukturisasi kalau dia tidak bisa membayar. Dan ini sudah dibaca publik dan tentunya pemiliknya kita perbantukan untuk upaya restrukturisasi," kata Wimboh dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Kompleks BI, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

 Baca Juga: Duniatex Terancam Gagal Bayar, OJK Pelototi Risiko Kredit Macet Bank

Menurutnya, kondisi keuangan yang tengah dialami Duniatex Grup tersebut bukan menggambarkan industri tekstil secara keseluruhan. Persoalan tersebut memang secara khusus dialami oleh Duniatex Grup.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau untuk seluruh pihak tidak panik dalam menanggapi persoalan tersebut.

"Duniatex tidak ada kaitannya dengan masalah industri, di mana Duniatex berkecimpung, jadi hanya spesifik itu sendiri. Dan permasalahannya missmatch likuditas sehingga dia gagal bayar kupon," katanya.

 Baca Juga: Kata Bos BCA Soal Gagal Bayar Duniatex

Seperti diketahui, anak usaha Duniatex Group, PT Delta Merlin Dunia Textile mengalami gagal bayar kupon global bond (obligasi), yang diterbitkan pada Maret 2019. Nilai pokok obligasi sebesar USD300 juta dan tingkat kupon 8,625% per tahun. Obligasi ini jatuh tempo pada 2024.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini