nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beroperasi, PLTMG Koto Gasib Hemat Rp25 Miliar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 17:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 320 2085990 beroperasi-pltmg-koto-gasib-hemat-rp25-miliar-olSiAxbsOp.jpg Foto: PLTMG Koto Kasib (Nanda/Okezone)

SIAK - Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Koto Gasib, Kabupaten Siak. Adanya pembangkit listrik baru ini mampu menghemat dana puluhan miliar.

"Dengan dioperasikan PLTMG Koto Gasib tentunya listrik di Kabupaten Siak lebih baik," katanya, Rabu (31/7/2019).

 Baca Juga: PLTMG Timika 10 Mw Beroperasi Januari 2020

General Manager PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau M Irwansyah Putra, mengatkan dengan dioperasikan PLTMG Koto Gasib mampu menghemat biaya operasi Rp25 miliar per bulan dari sebelumnya.

"PLTMG Koto Gasib 25 mw dapat memberikan efisiensi biaya pokok produksi yang semula sistem kelistrikan Kabupaten Siak ini disuplai dari PLTD di Siak dan PLTD Sei Apit. Selain efisiensi biaya pokok produksi, PLTMG Koto Gasib yang memberikan pasokan listrik di Kabupaten Siak, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat," kata Irwansyah.

Baca Juga: Wamen ESDM Minta PLN Pakai Gas untuk Pembangkit Listrik

Di samping itu, PLTMG juga meningkatkan pertumbuhan di sektor pariwisata serta sektor industri di Kabupaten Siak. Penambahan pasokan listrik juga dzidukung dengan pembangunan Gardu Induk dan SUTT (Saluran Udara Tenggangan Tinggi) di Kawasan Industri Dumai (KID) kapasitas 30 MVA yang memberikan suplay kelistrikan ke KID untuk mendorong pertumbuhan industri di Provinsi Riau.

"Untuk pembangunan Gardu Induk dan SUTT di Garuda Sakti dengan kapasitas 60 MVA sendiri memberikan pasokan energi listrik ke Kota Pekanbaru sehingga keandalan pasokan listrik terjaga. Pembangunan ini adalah wujud komitmen PLN dalam mengantisipasi pasokan dan keandalan listrik serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan di Provinsi Riau," imbuhnya.

PLTMG di Koto Gasib dibangun sejak tahun 2012. PLTMG di bawah kendali PLN Unit Induk Sumatera Bagian Utara. Selain PLTGM, hari ini juga mulai diopersikan SUTT Dumai - Kawasan Industri Dumai (KID) dan GI New Garuda Sakti (New) 1 X 30 MVA.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini