nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Visi Ibu Kota Baru, Jadi Identitas Bangsa hingga Internet Sangat Cepat

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 09:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 03 470 2087204 4-visi-ibu-kota-baru-jadi-identitas-bangsa-hingga-internet-sangat-cepat-POfVk8XSv0.png Foto: 4 Visi Ibu Kota Baru

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan ibu kota pindah ke Kalimantan. Dalam bulan ini, orang nomor satu di Indonesia akan mengumumkan lokasi ibu kota yang baru.

Founder Bhinneka Institute Arya Sinulingga buka suara soal rencana Presiden Jokowi mengenai pemindahan ibu kota ke wilayah Kalimantan.

Keputusan besar pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke salah satu provinsi di pulau Kalimantan ini setidaknya didasari empat visi mendasar yang akan berdampak besar.

 Ibu Kota Pindah

Seperti dikutip dari channel YouTube APA MAUNYA JOKOWI, Jakarta, Sabtu (3/8/2019), Arya memaparkan empat visi Jokowi.

"Jelas ya kemarin pak Jokowi bilang soal pemindahan ibu kota baru itu, Sebenarnya ada 4 visi Pak Jokowi untuk ibu kota baru;" kata Arya.

 Baca Juga: Mulai Dibangun 2020, Pembangunan Jalan Jadi Prioritas di Ibu Kota Baru

Pertama adalah ibu kota baru ini akan jadi identitas bangsa Indonesia.

Kedua, kota baru itu akan menjadi kota yang smart atau pintar.

Ketiga, kota baru nanti juga akan menjadi kota yang green atau hijau.

Baca Juga: Kementerian PUPR Kaji Kebutuhan Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Keempat, akan menjadikan kota yang sustainable, atau berkelanjutan yang tidak akan berhenti jika sudah jadi besar.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

Selain itu, Arya juga mengungkapkan bahwa ibu kota baru nanti akan menjadi ibu kota kota yang berkelas dunia dan futuristik.

"Nanti juga ibu kota baru akan memberikan ruang kepada warganya untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. Artinya internet nanti akan sangat cepat, masyarakat 4.0 itu akan terjadi," ujarnya.

Bukan hanya memiliki kelas dunia, ia juga menyebutkan bahwa ibu kota baru nanti akan menjadi kota yang hijau yang memiliki tata ruang dan letak yang sangat diperhatikan.

"Nanti banyak sekali hutan-hutan kota, harus hijau, tata letak sangat diperhatikan, dari perumahan dan gedung-gedung, semua akan terintegrasi dengan baik dan dengan transportasi dengan baik." pungkas Arya.

Wawancara selengkapnya bisa disimak di channel YouTube APA MAUNYA JOKOWI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini