Share

PLN: 21,3 Juta Pelanggan Terdampak Pemadaman Listrik Serentak

Giri Hartomo, Okezone · Senin 05 Agustus 2019 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 320 2087791 pln-21-3-juta-pelanggan-terdampak-pemadaman-listrik-serentak-ZKgPdkfRwi.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - PT PLN (Persero) mencatat ada sekitar 21,3 juta pelanggan yang terkena dampak dari pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019. Angka tersebut 30% dari total jumlah pelanggan PLN di seluruh Indonesia yang mencapai 71 juta pelanggan.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, dari 21,3 juta terbagi dari berbagai kelompok. Dari nilai kelompok sosial, industri, pelanggan khusus dan lainnya.

“Yang terkena dampak ada 21,3 juta pelanggan atau 30% dari total seluruh pelanggan di Indonesia,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/9/2019).

 Baca Juga: Kesal dengan Penjelasan Bos PLN, Jokowi: Kan Kalian Pintar Semua soal Listrik

Dia mengatakan pelanggan tersebut seluruhnya akan mendapat kompensasi. Jumlah kompensasi itu, kata Djoko, rencananya akan diperhitungkan langsung oleh PLN.

“Kami sedang minta bicara dengan pemilik perusahaan pemegang saham. Kami diminta pak Menteri (Menteri ESDM Ignasius Jonan) PLN yang atur, karena itu aksi korporasi PLN, tapi kita harus izin ke pemegang saham. Diperhitungkan dengan diskon," katanya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan kompensasi terhadap masyarakat sudah ada aturannya Peraturan Menteri ESDM. Dan kata dia, PLN akan komit untuk melaksanakan hal tersebut.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Listrik Mati Serentak Rusak Reputasi PLN

Namun, dirinya belum bisa menyebutkan angka pasti dari kompensasi yang diberikan. Sebab saat ini PLN sedang menghitung besaran kompensasinyang akan diberikan.

"Sudah ada aturannya jelas dari undang-undang yang turun pada Permen 2017 khususnya pasal 6 yang mengatakan sudah ada formulasi tingga kami ikuti saja," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini