nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Jangan Tunda Beli Rumah, Perhatikan Batas Usia Pelunasan KPR

Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 17:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 06 470 2088538 alasan-jangan-tunda-beli-rumah-perhatikan-batas-usia-pelunasan-kpr-G0rBGTELXE.jpg Ilustrasi KPR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memiliki rumah adalah salah satu impian banyak orang. Bagaimana tidak, rumah merupakan kebutuhan primer dan juga bagian dari investasi yang menguntungkan.

Membeli rumah tidaklah semudah membalikkan tangan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari pertimbangan lokasi, kemampuan ekonomi hingga perhitungan kemampuan merawat rumah.

Baca Juga: Ini Skema KPR bagi 81 Juta Milenial agar Miliki Rumah

Setidaknya ada tiga alasan kenapa kebutuhan yang satu ini harus diperjuangan secara serius dan tidak ditunda-tunda. Berikut penjelasan seperti dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan, Selasa (6/8/2019).

1. Lahan perumahan semakin sedikit

Tingginya permintaan akan tempat tinggal membuat para developer semakin agresif mengembangkan properti. Semakin lama menunda, semakin sulit kalian menemukan lahan perumahan dengan lokasi strategis dengan harga yang terjangkau.

Ilustrasi Rumah Shutterstock

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, perlu untuk berpikir ulang apakah benar-benar membutuhkan rumah? Untuk menentukan tujuan pembelian rumah tersebut.

Hunting rumah sebanyak mungkin, jangan berhenti di 2-3 pilihan. Juga jangan hanya mencari perumahan baru, perlu juga untuk melihat rumah bekas/second, serta bisa juga mencari rumah yang gagal kredit atau cicilannya macet.

Baca Juga: Rasio KPR Indonesia Hanya 2,9%, Jauh Tertinggal dari Malaysia 38%

Tidak kalah penting juga, Sobat Sikapi juga perlu untuk memerika perihal status legalitasnya, mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sertifikat Hak Milik (SHM), dan lain-lain.

Lokasi menjadi salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan dengan matang. Kalian wajib mengetahui lokasi tersebut strategis atau tidak. Jangan sekedar melihat iklan untuk menentukan lokasi strategis atau tidak, tapi dibutuhkan observasi mendalam untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal di kemudian hari.

Selain pertimbangan-pertimbangan di atas, juga perlu melihat semua kemungkinan. Ingin rumah yang tanahnya luas tapi bangunannya kecil atau bangunan luas dengan tanah kecil, rumah dengan lokasi di pinggir kota atau tengah kota. Mungkin sebagian ada yang membeli kavling tanah lalu membangun rumah sendiri, mungkin ada juga yang membeli rumah second lalu merenovasi sendiri. Pilihan-pilihan tersebut akan menghasilkan hasil yang berbeda.

2. Harga naik terus

Alasan penting lainnya, membeli rumah sedini mungkin adalah harga rumah yang memiliki kemungkinan untuk naik secara signifikan setiap tahun. Kondisi ini biasanya didukung oleh lokasi yang potensial. Semakin lama Sobat Sikapi menunda untuk membeli rumah, semakin sulit menjangkau harga rumah dan semakin besar juga dana yang harus disiapkan.

3. Usia terus bertambah

Semakin lama menunda rencana membeli rumah, semakin sedikit waktu yang dimiliki untuk mengumpulkan dana. Selain itu jika memutuskan mengajukan KPR/KPA, semakin kecil kemungkinan pinjaman kalian diterima karena batas usia pelunasan kredit biasanya adalah 55 tahun.

Menunda pembelian rumah tidak akan membantu meningkatkan kemampuan membeli, karena walaupun penghasilan meningkat tetapi harga rumah juga meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini