nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rombak Eselon I di Kemendag, Enggar: Sudah Ada Keppres-nya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 07 320 2089072 rombak-eselon-i-enggar-sudah-ada-keppres-nya-iCB6fEIMdF.jpg Enggartiasto Lukita (antara)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita merombak posisi pejabat Eselon I di kementeriannya pada Selasa, 6 Agustus 2019. Padahal Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melarang perombakan pajabat di posisi penting seperti direksi BUMN maupun level direktur jenderal (dirjen) hingga Oktober 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada siang hari di tanggal 6 Agustus 2019. Alasan pelarangan tersebut karena masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan segera berakhir pada 20 Oktober 2019.

 Baca juga: Kemendag Dukung Palestina Dapatkan Akses Pasar Perdagangan

Menanggapi hal tersebut, Enggar menyatakan, perubahan Eselon I di Kementerian Perdagangan sudah sesuai dengan aturan. Sebab, hal itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 78/TPA Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan yang ditetapkan pada 15 Juli 2019.

"Kan itu 15 Juli 2019 sudah melalui TPA (Tim Penilaian Akhir) dan sudah ada Kepres-nya juga," ujar Enggar di temui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

 Baca juga: Hasil Pertemuan Mendag dengan Menteri Perdagangan Turki

Meski demikian, dia enggan menjelaskan alasan dari perombakan di tingkat Eselon I itu. Menurut Enggar, hal itu hanya rotasi pejabat yang pada umumnya dilakukan.

"Enggak apa-apa, itu rotasi saja. Yah ada yang sudah habis (masa jabatannya)," katanya.

Untuk diketahui, Enggar telah melantik 7 pejabat Eselon I di Kemendag. Salah satunya Oke Nurwan menjadi Sekretaris Jenderal yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Perdagangan Luar Negeri.

Kemudian mengangkat Indrasari Wisnu Wardhana sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, dari sebelumnya sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Lalu Tjahya Widayanti diangkat sebagai Kepala Bappebti dari sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. Sedangkan posisi Tjahja yang terdahulu diisi oleh Suhanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga.

Selain itu,Enggar juga melantik Dody Edward menjadi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Karyanto Suprih sebagai Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, serta Arlinda sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional.

Sebelumnya, Enggar optimistis formulasi pejabat yang baru dilantiknya dapat memenuhi proporsi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas Kemendag sehari-hari. Menurutnya, pemangku jabatan tersebut harus mampu berani mengambil risiko dalam memberikan keputusan yang tepat dan cepat demi kelangsungan perekonomian negara.

"Susunan baru Pejabat Eselon I Kemendag ini diharapkan dapat memimpin kinerja Kemendag lebih baik lagi dalam memenuhi mandat Presiden," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/8/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini