nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Ekonomi Lesu, Rasio Produktivitas Indonesia Juga Kalah dari Vietnam

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 20 2089802 pertumbuhan-ekonomi-lesu-rasio-produktivitas-indonesia-juga-kalah-dari-vietnam-pe4IoRLXHO.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Rasio produktivitas Indonesia atau ICOR (Implemental Capital To Output Ratio) Indonesia masih sangat rendah. Bahkan, jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, seperti Vietnam, Indonesa masih kalah.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, ICOR Indonesia masih tinggi sebesar 6,6% dengan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1%. Sedangkan, tingkat produktivitas Vietnam sebesar 4,6% dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari 7%.

Baca Juga: JK Minta Indonesia Contek Singapura, Berubah Jadi Negara Industri

Artinya, dengan nilai ICOR 6,6%, maka seharusnya untuk menumbuhkan ekonomi 1% butuh penambahan investasi sebesar 6,6%. Sehingga, makin rendah nilai ICOR membuktikan produktivitas dalam negeri makin tinggi.

"Kalau bicara gampang, Vietnam Pertumbuhan ekonominya 7% lebih, capital dalam negerinya 32%. Berarti ICOR nya 4,6%. Kita ICOR-nya 6,6%, tapi pertumbuhan ekonominya 5,1%," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta , Jumat (9/8/2019).

Meskipun begitu, lanjut Darmin, ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya dengan menggenjot investasi di sektor industri dan agrobisnis.

"Kita juga perlu mendorong di bidang ekspor," ucapnya.

Baca Juga: Perbaiki Kualitas SDM dengan Rp495 Triliun, Sri Mulyani: Masih Ada Kendala

Akan tetapi, katanya, untuk meningkat produksi diperlukan hilirisasi industri. Oleh karenannya, pemerintah akan terus mendorong hilirasasi industri di sektor kehutanan hingga kelautan.

"Hilirirasi kita kelihatannya kurang gegap gempita, maka perlu mendorong hilirisasi baik pertambangan, kehutanan, dan kelautan," jelasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini