Wacana PNS Kerja di Rumah, Menko Darmin: Perlu Waktu

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 320 2089971 wacana-pns-kerja-di-rumah-menko-darmin-perlu-waktu-At5GNtLmIy.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah menyiapkan wacana agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah. Wacana itu sedang dalam tahap pengkajian antara Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Darmin Nasution mengatakan, penerapan agar PNS bisa bekerja dari rumah membutuhkan waktu lama untuk diputuskan. Sebab, perlu ada aturan terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa diterapkan.

"Perlu waktu lah. Kan harus dibuat aturannya,” ujarnya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: BKN: Plh atau Plt Dilarang Mengangkat, Memindah dan Memecat PNS

Dia pun tidak melarang jika ada wacana tersebut diterapkan. Asalkan seluruh persiapannya dilakukan secara matang

"Kalau mau dicoba boleh aja," kata Darmin.

Baca Juga: Muncul Wacana PNS Boleh Kerja dari Rumah, BKN: Jangan Buru-Buru

Lagipula kata Darmin, saat ini hampir semua perusahaan menerapkan hal tersebut. Utamanya perusahaan-perusahaan swasta yang berbasis teknologi seperti perusahaan startup.

“Ini akan merubah swasta orang yang modelnya begitu apakah pekerjaan itu pemerintahn itu seberapa penting belum tahu kita coba," ucapnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka wacana agar para pegawai negeri sipil (PNS), nantinya bisa bekerja dari rumah. Di mana sebelumnya gaji PNS akan kembali dinaikkan oleh pemerintah pada tahun depan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, pihaknya masih melakukan penggodokan agar PNS, bisa bekerja dari rumah.

"Jadi, ide tersebut masih dalam penggodokan. Dan masih panjang tahapannya sampai realisasinya," ujar dia kepada Okezone, Kamis (8/8/2019).

Ide awal PNS bisa kerja di rumah, lanjutnya, merupakan hasil suatu kajian dan interaksi dengan berbagai kalangan terkait. "Kami terus melakukan kajian dengan adanya hal itu," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini