nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Kerja dari Rumah Sudah Dilakukan Negara Maju

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 14:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 320 2091801 pns-kerja-dari-rumah-sudah-dilakukan-negara-maju-FXM7MWyKP5.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

JAKARTA - Tidak semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperbolehkan kerja dari rumah. Hanya PNS yang berprestasi yang dapat bekerja dari rumah.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, PNS boleh kerja dari rumah sudah dilakukan di beberapa negara maju.

"PNS yang bekerja di rumah ini, sudah dilakukan oleh negara maju. Contohnya Australia hanya aparatnya yang punya prestasi, hari Rabu kerja di rumah," kata Syafruddin di Gedung Kemenpan RB Jakarta, Rabu (14/8/2019).

 Baca Juga: PNS Kerja dari Rumah, Menpan RB: Bukan Berarti Tak Masuk Kantor

Namun, lanjut dia, pihaknya tidak ingin PNS kerja di rumah itu seperti pekerjaan startup. Karena budaya Indonesia berbeda dan fungsi kontrol belum akurat. Di mana budaya kerja PNS Indonesia berbeda dengan luar negeri.

"Tetapi inspirasinya dari negara luar. Itu baru wacana. Ini juga desakan dari bonus demografi," ungkap dia. Kalau PNS luar umumnya federal, fungsi kontrol ada di Gubernur, ada di federal, kita kesatuan Republik Indonesia, PNS terkontrol dari pusat ke daerah," jelas dia.

Baca Juga: Hanya PNS Berprestasi yang Boleh Kerja dari Rumah

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, pihaknya masih melakukan penggodokan agar PNS, bisa bekerja dari rumah.

"Jadi, ide tersebut masih dalam penggodokan. Dan masih panjang tahapannya sampai realisasinya," ujar dia kepada Okezone.

Ide awal PNS bisa kerja di rumah, lanjutnya, merupakan hasil suatu kajian dan interaksi dengan berbagai kalangan terkait. "Kami terus melakukan kajian dengan adanya hal itu," ungkap dia.

 Melihat Lebih Dekat Aktivitas PNS Pemprov DKI Jakarta

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini