nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MRT Jakarta Minta PLTD Senayan Standby 24 Jam

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 15:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092261 mrt-jakarta-minta-pltd-senayan-standby-24-jam-sJUtmCOY6I.jpeg Foto: Sistem Kelistrikan PLTD Senayan (Okezone)

JAKARTA - PT MRT Jakarta meminta kepada PT PLN (Persero) untuk mengaktifkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan selama 24 jam apabila sudah rampung. Hal ini agar tidak terjadi lagi pemadaman listrik seperti beberapa waktu lalu.

 Baca Juga: Penampakan PLTD Kapasitas 101 Megawatt yang 'Setrum' MRT Jakarta

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pihaknya meminta PLN memastikan sistem ketiga di Senayan selalu siap sedia ketika dibutuhkan, sehingga tidak memakan waktu untuk mulai menyetrum MRT Jakarta.

"Jadi dengan kejadian itu kita butuh sistem ketiga yaitu yang sistem Senayan. Nah sistem Senayan ini juga diharapkan hot standby juga supaya saat listrik (utama dan cadangan pertama) mati, dia langsung suplai ke sistem kita," ujar Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar di Wisma Nusantara, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

 Baca Juga: PLTD Senayan Bakal 'Setrum' MRT 100 Mw

Menurut William, jika PLN memastikan listrik di PLTD bisa standby 24 jam maka dipastikan operasional MRT Jakarta tak akan lumpuh sedetik pun, sehingga kejadian seperti beberapa waktu lalu yang mana kereta MRT Jakarta harus berhenti di tengah jalan tidak akan terjadi kembali.

“Kalau hot standby itu artinya dia akan beroperasi terus menerus sehingga pada saat listrik MRT mati, dia langsung bisa mengalirkan listrik tanpa sistem MRT itu drop. Itu yang kita harapkan," katanya.

 Ketika Gubernur Anies Tinjau Stasiun MRT saat Mati Lampu

William mengakui jika PLTD Senayan ini memilikk beberapa kekurangan. Namun bukan menjadi alasan untuk PLN memastikan agar sistem kelistrikan PLTD Senayam berfungsi 24 jam.

“Sama saja nanti listrik kita mati dia akan butuh waktu untuk hidupin, padahal saat listrik mati, kereta itu akan langsung mati gitu. Kereta mati butuh waktu lagi 1 jam untuk kita mengoperasikan kereta, karena begitu kereta mati seluruh sistem kita down,” katanya.

 Begini Suasana Stasiun MRT Benhil saat Pemadaman Listrik

Sebagai informasi, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan bakal rampung Oktober 2019. Pengoperasian PLTD Senayan bakal jadi pemasok listrik cadangan kedua buat MRT Jakarta bila sistem utama dan cadangan pertama lumpuh.

1
2

Berita Terkait

MRT

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini