Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Fadli Zon Lebih Pilih Jonggol

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 16 20 2092742 jokowi-ingin-pindahkan-ibu-kota-ke-kalimantan-fadly-zon-lebih-pilih-jonggol-eFOKER5IFh.jpg Fadly Zon (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meminta izin untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Hal itu disampaikan dalam Jokowi dalam Pidato Kenegaraan tahun 2019.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon lebih memilih Jonggol, Bogor, Jawa Barat sebagai ibu kota baru dibandingkan Kalimantan. Pasalnya, pemindahan ibu kota ke Jonggol lebih memungkinkan dibandingkan ke Kalimantan yang letaknya lumayan jauh dari Jakarta.

 Baca juga: Akankah Jokowi Umumkan Pemindahan Ibu Kota di Nota Keuangan Hari Ini?

“Saya kira itu jauh lebih memungkinan secara infrastruktur dan sebagainya, atau di wilayah mana lebih dekat yang infrastruktur sudah jadi,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

 Fadly Zon

Ada beberapa pertimbangan mengapa Fadly Zon memilih Jonggol. Alasan utamanya adalah, mengenai ketersediaan infrastruktur yang mana Jonggol sudah lebih siap dibandingkan Kalimantan.

 Baca juga: Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru saat Pidato Kenegaraan? Ini Kata Istana

“Tapi, kalau membangun dari 0, apakah mempunyai kekuatan keuangan kita untuk itu. Ini yang harus dipikirkan," ucapnya

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini