nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Perkenalkan Kebijakan Baru di RAPBN 2020

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 17:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 16 20 2092886 sri-mulyani-perkenalkan-kebijakan-baru-di-rapbn-2020-cyZa7KJxXu.jpg Sri Mulyani (Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyebut ada kebijakan baru dan inisiatif di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa kebijakan baru dan inisiatif dalam RAPBN 2020 untuk meningkatkan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia dan Daya Saing.

 Baca juga: Tanpa Minum, Jokowi Bacakan Pidato RAPBN 2020 Sebanyak 23 Halaman

"Kebijakan baru seperti, super deduction untuk kegiatan vokasi dan litbang. Lalu mini tax holiday untuk investasi di bawah Rp500 miliar. Dan Investment allowance untuk industri padat karya," ujar dia pada konfrensi pers di Gedung Direktorat Jendral Pajak Kemenkeu Jakarta, Jumat (16/8/2019).

 Sri Mulyani

Kemudian, lanjut dia, ada peningkatan kualitas SDM dan perlindungan sosial. Seperti, KIP Kuliah dan Kartu Pra Kerja untuk peningkatan produktivitas bagi pencari kerja.

 Baca juga: Tahun Depan, Jokowi Susun Kebijakan Pajak E-Commerce

"Sedangkan Kartu Sembako mendukung kelanjutan pendidikan masyarakat miskin ke jenjang yang lebih tinggi mendukung penguatan perlindungan masyarakat miskin akan akses pangan," kata dia.

Dia menambahkan, pemerintah juga melakukan percepatan penyelesaian empat destinasi pariwisata super

prioritas. Seperti pengembangan destinasi wisata Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika dengan Sinergi lintas Kementerian/Lembaga dan Pemda

 Baca juga: Dana Desa Naik Jadi Rp72 Triliun Lahirkan Entrepreneur Baru

"Kami juga ingin penguatan transfer ke daerah dan Dana Desa. Penguatan DAK Fisik pada 2 bidang baru, yakni sosial dan transportasi laut. Pengalokasian DAU Tambahan untuk penyetaraan penghasilan tetap (siltap) perangkat desa dan penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini