Share

Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Jangan Sampai seperti Mobil Nasional

Giri Hartomo, Okezone · Jum'at 16 Agustus 2019 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 16 470 2092745 fadli-zon-pemindahan-ibu-kota-jangan-sampai-seperti-mobil-nasional-CK2UOUzyT1.jpg Ibu kota pindah (Shutterstock)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin kepada DPR RI soal pemindahan ibu kota. Hal ini disampaikannya saat pidato Kenegaraan jelang siang tadi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, pemerintah perlu memikirkan secara matang terkait pindah ibu kota ini. Jangan sampai, pemindahan ibu kota ini juga gagal seperti halnya program mobil nasional (mobnas).

 Baca juga: Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Fadly Zon Lebih Pilih Jonggol

"Menurut saya dipikirkan, jangan seperti dulu ada mobnas tapi mobnas selama 5 tahun tidak terjadi, ada pemindahan ibukota, nanti pemindahan ibu kota tidak terjadi," kata Fadly di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

 Fadly Zon

Oleh karena itu lanjut Fadly, ibu kota mesti diperhitungkan secara matang, khususnya mengenai anggaran untuk pindah ibu kota. Dirinya juga meminta kepada pemerintah untuk memetakan sumber uang dari pemindahan ibu kota itu.

 Baca juga: Akankah Jokowi Umumkan Pemindahan Ibu Kota di Nota Keuangan Hari Ini?

"Di manapun itu harus dihitung, uangnya dari mana, kalau uangnya bukan dari APBN uang dari mana, apa implikasi dari tidak menggunakan APBN, kemudian bagaimana memindahkan-(nya) kan harus banyak membangun infrastruktur gedung, parlemen, kementerian-kementerian, lembaga, efisiensi seperti apa, apakah tidak kita konsentrasikan dulu kepada kepentingan kita lebih urgent yang ada di depan mata," paparnya.

Fadli Zon menambahkan, wacana pindah ibu kota bukan hal baru. Dua presiden terdahulu sudah mewacanakan pindah ibu kota.

"Ini gagasan sudah ada dari zaman Bung Karno, Pak Harto sudah menggagas waktu itu rencana pemindahan ibu kota ke wilayah Bogor Timur di Jonggol dan sekitarnya,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini