Waskita Beton Incar Proyek Pemindahan Ibu Kota

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 20 470 2094223 waskita-beton-incar-proyek-pemindahan-ibu-kota-KDLqhDzuq8.jpg Foto: Corsec Waskita Beton Fathia Syafurah (Okezone)

JAKARTA - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengincar proyek pemindahan ibu kota. Di mana pemindahan ibu kota negara akan dilakukan dari Jakarta ke Kalimantan.

Coorporate Seceratry WSBP Fathia Syafurah mengatakan, proyek pemindahan ibu kota ini sudah masuk ke dalam rencana perusahaan. Menurutnya, proyek pemindahan ibu kota bisa mendongkrak kinerja perusahaan karena proyek yang besar.

Baca Juga: Menko Darmin Sebut Swasta Tertarik Bangun Ibu Kota Baru

“Untuk proyek infrastruktur kan masih banyak ke depan yang pasti belum lagi yang ibu kota yang salah satunya akan dapat besar. Kita juga punya plan baru di sana,” ujarnya saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (20/7/2019).

Saat ini, lanjut Fathia, sudah ada beberapa proyek yang akan segera digarap di Kalimantan adalah proyek jalan Tol Balikpapan-Penajam Passer. Nantinya WSBP akan memasok beton dan precastnya untuk pembangunan proyek jalan tol tersebut.

Jokowi

Proyek jalan Tol Balikpapan-Panajam Paser sedang dalam tahap proses lelang (Biding). Induk perusahaan dari WSBP yakni Waskita Karya menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menggarap proyek ini karena perseroan mendapatkan rigth to match sebagai inisiator.

“Saat ini kita lagi dibangun di penajam, jadi kita bisa ambil proyek dari sana,” ucapnya.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Nama Jonggol Muncul Lagi

Selain itu, ada beberapa proyek jalan tol lagi yang akan diincar oleh anak usaha Waskita ini. Namun dirinya tidak menyebutkan proyek jalan tol apa saja yang diincar.

“Ada beberapa yang di tol di beberapa di Jawa di Kalimantan dan di Sumatra juga ada,” ucapnya.

Sebagai informasi, dalam jangka menengah, sesuai Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024, WSBP siap mendukung sasaran pembangunan infrastruktur, seperti infrastruktur pelayanan dasar berupa hunian rumah, akses sanitasi, irigasi, bendungan. Kemudian ada juga infrastruktur untuk mendukung perkotaan (angkutan masal).

Lalu ada energi ketenagalistrikan (penyediaan energi nasional). Dan terakhir adalah infrastruktur ekonomi (jaringan kereta cepat, pelabuhan, jembatan udara, jalan tol dan jalan nasional).

WSBP sudah memiliki lini produk yang sesuai untuk dapat memenuhi kebutuhan beton di seluruh proyek tersebut. Di samping itu, sejalan pula dengan rencana pemindahan Ibukota ke Kalimantan()()(), WSBP tengah menyiapkan sebuah Plant di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Plant ini dibangun dengan tujuan untuk menyerap potensi pasar ke depan di wilayah tengah dan timur Indonesia, bahkan pasar regional di Asia Tenggara. Plant Penajam memiliki kapasitas produksi sebesar 250 ribu ton/tahun.

Plant ini memproduksi produk precastberupa Box Girder, PCT Girder, Square Pile, dan CCSP. Dengan fasilitas penunjang yang sudah ada berupa area Produksi, area Workshopdan Area pengolah limbah, WSBP berencana untuk ekspansi dengan memiliki dermaga sendiri, sehingga sangat mempermudah dalam akses pengiriman produk-produk precast langsung dari plant tersebut ke pulau-pulau lainnya karena memiliki lokasi yang strategis dengan Teluk Balikpapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini