nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ATM Hilang? 4 Langkah Ini Wajib Dilakukan

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 20:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 320 2095868 atm-hilang-4-langkah-ini-wajib-dilakukan-851BHZV4HI.jpg Lakukan 4 Hal Ini jika ATM Hilang. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memiliki peran yang penting bagi kehidupan saat ini. Tapi apa jadinya jika ATM hilang?

 Baca Juga: Sejumlah Layanan ATM BCA Alami Gangguan Imbas Listrik Mati Serentak

Jika saat membutuhkan uang dan kartu ATM atau kartu kredit tidak kamu temukan, tentu panik rasanya. Meski demikian, jangan kaget dan bingung terlalu lama.

Ada 4 langkah yang harus dilakukan dengan cepat, agar akses uang yang tersimpan dalam kondisi yang aman. Berikut ini selengkapnya seperti dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jumat (23/8/2019).

 Baca Juga: Saldo Berubah, Bank Mandiri Pastikan Dana Rekening Nasabah Tak Berkurang

1. Jangan panik, pastikan Anda mengetahui nomor Pusat Layanan (Call Center) yang benar-benar dimiliki oleh bank. Umumnya, nomor telepon pusat layanan diawali angka 140XY atau 1500XYZ. Jangan terlalu terburu-buru menghuburngi nomor telepon yang ada pada mesin ATM atau selebaran yang tidak resmi. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan kartu ATM tertelan.

 ATM

2. Segeralah melapor ke bank penerbit karttu, maksimal 1 x 24 jam agar kartu segera diblokir. Usaha ini untuk menghindari pemakaian kartu kredit/ ATM oleh pihak lain.

3. Catatlah waktu pemblokiran dan nama petugas bank yang melayani pemblokiran kartu. Hal ini diperlukan jika tetap ada transaksi pasca permintaan pemblokiran.

 ATM

4. Selama Anda tidak melaporkan kehilangan kepada penerbit kartu, transaski yang terjadi menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemegang kartu. Jangan lupa untuk memberikan surat pernyataan kehilangan yang Anda tandatangani. Mintalah kartu baru untuk menggantikan kartu yang hilang. Perhatikan dokumen yang harus dipenuhi untuk penggantian kartu tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini